6 Kesalahan Fatal Dalam Menggunakan Laptop

Meskipun di antara kita sudah tidak asing lagi dalam penggunaan laptop, namun masih banyak sekali kesalahan-kesalahan fatal yang harus kita ketahui dalam hal penggunaannya. Karena penggunaan yang tidak prosedur dapat mengakibatkan kerusakan dini. 

Kerusakan pada laptop sangat mengganggu produktivitas penggunanya, tugas pekerjaan yang tertunda, kinerja laptop yang kurang optimal, data- data penting yang hilang dan lainnya. Terbukti, hasil survei salah satu perusahaan laptop terkemuka di Korea menyatakan, bahwa 68% kerusakan laptop disebabkan oleh kesalahan penggunaan dan perawatan. 

Nah, Berikut ini adalah hal - hal yang harus dihindari pada saat menggunakan laptop :

1. Memasang / menginstal software yang belum jelas keamanannya. Banyak software gratisan yang tersebar luas di internet, namun tidak sedikit pula yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada laptop. Bila ingin memasang software, hendaknya scan dahulu software – software   yang telah anda download sebelum menginstalnya. Karena virus, worm dan threat - thread lainnya paling suka menginfeksi software sebagai media penyebarannya.
2. Memangku laptop pada saat menggunakannya. Karena lubang ventilasi laptop bisa tertutup dan menyebabkan Overheat (panas berlebih) pada laptop. Akibatnya umur laptop menjadi berkurang secara signifikan.

3. Memakai laptop di atas permukaan yang lunak. Seperti karpet, sofa dan tempat tidur yang sering kita gunakan sebagai alas saat menggunakan laptop. Hal itu mengakibatkan ventilasi laptop akan tersumbat, sehingga udara panas dari dalam laptop tidak bisa ditransfer keluar.

4. Menyalakan laptop tanpa baterai. Ini yang paling sering dilakukan orang-orang, karena sangat mungkin terjadi  perubahan tegangan listrik secara spontan tanpa adanya kendali baterai sebagai stabilisator. Apalagi terjadi mati listrik secara tiba – tiba tanpa adanya energi listrik cadangan dari baterai.

5. Meletakkan minuman atau bahan – bahan cair lainnya di dekat laptop. Dikhawatirkan cairan tersebut tanpa sengaja tertumpah di laptop, serta membuat laptop anda crash atau konsleting yang dapat mengakibatkan laptop mati total.

6. Seringnya menggunkan port USB  sebagai charge. Semakin besar daya / ampere yang dibutuhkan oleh gadget yang kita charge, maka semakin panas komponen dan perangakat lainnya yang berhubungan dengan port USB pada Laptop

Itulah beberapa hal utama yang harus kita hindari pada saat menggunakan laptop. Semoga bisa menjadi acuan kita dalam hal pemakaian laptop yang sesuai prosedur. 
Baca Juga :3 Hal Yang Perlu Anda ketahui Dalam Membeli Laptop Baru
Artikel Terkait