Cara servis motherboard

Kali ini ARBAMEDIA akan sharing tentang Cara servis motherboard , sebelum kita mempraktekkan cara servis mainboard terlebih dahulu kita mengenal apa itu motherboard.
Motherboard merupakan hardware (perangkat keras) pada komputer yang paling utama. Perangkat ini digunakan untuk menghubungkan perangkat satu ke perangkat hardware yang lain pada sebuah komputer.
Apabila ada kerusakan pada perangkat ini maka akan terjadi ketidakfungsian pada komputer,bahkan tidak akan jalan sama sekali atau rusak total. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan dengan detail bagaimana cara memperbaiki motherboard , bila mengalami ketidakfungsian pada salah satu komponen sampai kerusakan fatal.
1.    Pertama-tama agan harus membuka casing atau wadah luar sebuah komputer terlebih dahulu.
2.    Kemudian agan keluarkan motherboard tersebut dari casing komputer.
3.    Sebelum agan mengecek kerusakan motherboard, terlebih dahulu agan harus membersihkanya dengan menggunakan kuas, karena yang saya sering alami seringkali motherboard terkena debu/kotoran yang sangat berpengaruh pada fungsi komponen, bersihkan secara keseluruhan dari komponen motherboard tersebut dan bagian yang terselip, socket - socketnya sampai bersih.
4.    Setelah itu, baru agan cek satu persatu komponen atau bagian- bagian dari motherboard tersebut. Baik dari segi socketnya maupun IC yang ada didalamnya.
5.    Kemudian perbaiki atau ganti jika ada salah satu komponen yang rusak misalkan memorinya, processornya,dll yang tidak berfungsi.
6.    Setelah di perbaiki silahkan coba pasang lagi motherboard ketempat semula.
 Demikian artikel atau tutorial singkat cara servis motherboard dengan mudah. Semoga dapat menjadi bahan referensi atau masukan bagi agan-agan yang ingin mempelajari tentang motherboard.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar