Mengenal Kabel data komputer ( IDE dan SATA )

Kabel data merupakan salah satu perangkat keras (hardware) komputer yang berfungsi untuk menghubungkan sekaligus mentransfer data baik data program maupun data file pribadi dari satu hardware menuju hardware yang lain, tentunya pada sebuah motherboard dari komputer tersebut. Kabel data komputer ini biasanya disebut dengan kabel IDE dan kabel SATA. Kedua kabel mempunyai bentuk socket yang berbeda tetapi tetap mempunyai fungsi yang sama. Kabel SATA merupakan generasi terbaru pada saat ini, yaitu berbentuk simpel dan ringkas dari pada kabel IDE yang berbentuk lebih lebar, tentunya kedua kabel ini mempunyai kecepatan transfer yang berbeda. Biasanya kabel SATA digunakan oleh motherboard yang mempunyai spesifikasi  Dualcore, Core2 Duo, Multicore dan spesifikasi diatasnya, tetapi jenis motherboard P4 juga ada sebagian yang sudah memakai kabel SATA.

Bahwasanya teman – teman bisa bayangkan kalau seandainya tidak ada sebuah kabel data di dalam komputer kita atau posisi kabel data kita mengalami kendala alias rusak/terputus sebagian, maka OS (opertional system)  yang ada di dalam komputer kita tidak akan bisa beroperasi walaupun posisi hadisk yang ada pada komputer kita sudah hidup atau menyala. Ini dikarenakan tidak adanya kabel data yang menghubungkan antara hardisk dengan mainboard yang ada pada komputer, atau megalami kerusakan pada kabel tersebut. Oleh sebab itu kabel data pada komputer juga mempunyai peran penting dalam membantu kinerja sebuah komputer.

Didalam sebuah komputer ada beberapa perangkat keras yang membutuhkan kabel data agar bisa terhubung dan dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Salah satunya adalah hardisk komputer yang sudah saya jelaskan di atas. Yang selanjutnya adalah Cd Room atau DVD Room yang bisa memberikan data file baik data program atau master program  maupun data file pribadi. Biasanya perangkat keras ini digunakan untuk proses penginstalan sebuah OS (operational system) pada sebuah komputer.
Dari keterangan yang sudah saya jelaskan diatas,hendaknya kita harus merawat dan menjaga kabel data komputer  atau mengecek secara berkala  agar kabel data tersebut bisa bekerja secara maksimal.
Demikian artikel singkat yang menjelaskan tentang sebuah kabel data komputer, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar