6 Alasan yang mungkin wanita hidup lebih lama dibandingkan laki - laki

Mengingat jumlah kaum wanita yang semakin bertambah dibandingkan jumlah laki-laki sekarang ini, menimbulkan banyak pertanyaan dikalangan dunia baik di Negara maju maupun di Negara yang sedang berkembang. Para ilmuan di dunia juga mengutarakan berbagai macam alasan tentang perkara tersebut. Seorang profesor yang berada di universitas Colombia bernama Dr. Marianne Lageto mengungkapkan beberapa alasan tentang umur wanita lebih panjang dibandingkan umur laki -laki. Beliau mengatakan “laki-laki secara biologis dan sosiologis mengalami kemerosotan antara jumlah populasi yang baru lahir dengan jumlah yang meninggal dunia”. Ini artinya, kaum wanita mempunyai peluang lebih banyak untuk berkembang dan menambah jumlah populasinya. Hal ini disebabkan perkembangan laki-laki yang menurun jumlahnya karena tidak ada keseimbangan antara laki-laki yang baru lahir dengan laki-laki yang sudah meninggal. Selain itu umur wanita bisa dikatakan lebih panjang dibandingkan umur laki-laki. Dalam hal ini ada beberapa alasan mengapa wanita bisa hidup lebih lama dibandingkan laki-laki. Berikut alasanya :

1.       Wanita lebih tangguh ketika masih di dalam rahim seorang ibu

Perkembangan wanita lebih stabil di bandingkan laki-laki ketika masih berada dalam rahim. Laki-laki cenderung lebih lambat untuk berkembang apalagi ketika mereka prematur karena paru-paru dan otaknya kurang berkembang, maka kemungkinan besar bisa berakibat fatal alias bisa meninggal.

2.       Wanita cenderung enggan menjadi  pemberani

Ini ada kaitanya dengan tanggung jawab dan resiko dalam sebuah kehidupan manusia. Demi mempertahankan hidup mereka, ketika seorang laki-laki dan perempuan akan menghadapi sebuah persoalan maka hampir bisa dipastikan  laki-laki akan lebih dulu mengambil resiko tanpa diperhitungkan dibanding perempuan ketika mereka di usia yang sama. Hal ini akan menimbulkan kejiwaan dan fisik laki-laki tersebut lambat laun semakin melemah dan ini bisa berpengaruh pada umur.

3.       Wanita lebih kebal ketika mengalami penyakit jantung

Seorang laki-laki dan wanita ketika mereka mengalami penyakit jantung memungkinkan mereka untuk meninggal dunia. Akan tetapi wanita cenderung lebih kebal dalam menghadapi jenis penyakit ini. Jika seorang laki-laki berumur 30 tahun mengalami penyakit jantung dan berakhir kematian di umur 40 tahun, maka perempuan akan menghadapi kematianya 10 tahun kemudian setelah laki-laki itu meninggal. Jadi selisihnya 1:2. Mengapa bisa demikian ……? Karena di dalam tubuh wanita memiliki hormon estrogen, yang dapat membantu arteri kuat dan fleksibel.

4.       Wanita mempunyai hubungan sosial yang lebih kuat

Perlu anda ingat, jika seseorang memiliki hubungan sosial yang kuat maka ia akan mendapat 50% lebih rendah kemungkinan untuk meninggal dunia dibandingkan dengan seseorang yang memiliki hubungan sosial terbatas. Kebanyakan dari laki-laki ketika menghadapi permasalahan, stress dan rasa kekhawatiran, kemungkinan besar  mereka cenderung menutup diri dan menahan semuanya . berbeda dengan kaum wanita yang cenderung lebih banyak berbicara kepada orang lain seperti teman,sahabat,dan keluarga. Yang dalam bahasa kerennya disebut curhat atu sharing.

5.       Wanita lebih memperhatikan masalah kesehatan

Kebaanyakan laki-laki sering meremehkan kesehatan fisik, karena menurut pemikiran mereka mempunyai fisik yang lebih kuat dibandingkan kaum wanita dan jarang sekali untuk melakukan cek kesehatan. Berbeda dengan kaum hawa yang selalu memperhatikan kesehatan mereka. Ini akan berdampak tidak baik pada kondisi laki-laki tersebut yang lambat laun akan mengikis kesehatan mereka. Pada hasil survey di tahun 2012, ada sebanyak 24% laki-laki yang mengunjungi dokter dalam satu tahun terakhir dan 22% laki-laki enggan melakukan uji kolesterol,ini  menurut Badan Kesehatan Penelitian dan Kualitas. Bahkan lebih dari seperempat (28%) dari laki-laki yang tidak memiliki dokter pribadi dan sekitar seperlima yang tidak memiliki asuransi kesehatan ( menurut Kaiser Family Foundation).

6.       Wanita cenderung tidak memaksakan kehendak

Wanita cenderung mempunyai sifat penurut dan tidak gampang memaksakan kehendak mereka ketika ada suatu hal yang sangat sulit untuk dicapai. Berbeda dengan orang laki-laki yang mungkin sering memaksakan kehendak mereka, padahal  secara tidak langsung hal demikian akan berpengaruh pada kesehatan fisik mereka. 

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar