Isi daya baterai smartphone anda dengan sepeda ontel

Betapa pentingnya sumber energi listrik bagi kehidupan manusia sehari-hari dan semakin bertambah banyak pula manusia yang membutuhkanya. Sehingga banyak ilmuan di dunia mencarikan solusi dengan berusaha membuat sumber daya listrik mandiri dengan berbagai macam cara, agar dapat menghemat kuota sumber energi listrik yang telah disediakan oleh instansi pemerintahan di setiap Negara. Banyak orang yang mungkin tidak mengira bahwa sepeda ontel yang kita gunakan setiap hari untuk pergi ke sekolah, ke kantor, berolahraga dan berbagai macam kegiatan lainya, ternyata sepeda ontel juga bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone anda dengan memanfaatkan perputaran roda pada sepeda ontel tersebut. Sehingga hal itu dapat menghasilkan sumber energi listrik mandiri tanpa kita harus mencolokkan charger smartphone terlebih dahulu pada listrik rumah.

Power UF adalah sebuah nama alat yang dibuat dan diterapkan oleh seorang yang berasal dari Angelholm, Swedia, bernama Philip Zachrison beserta empat orang rekannya. Mereka mencoba untuk membuat sebuah sepeda ontel untuk dijadikan sumber energi listrik agar dapat mengisi daya baterai smartphone. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Zachrison via skype kemarin. Beliau berkata “inovasi ini sangatlah menarik karena hal ini sudah menjadi kenyataan, tak lagi menjadi visi saja. Kami bekerja dan kami ingin melakukan yang terbaik yang kami bisa”.


Sebuah power UF yang akan disambungkan dengan smartphone melalui kabel data USB dan disertai dengan perputaran roda dari sepeda ontel, yang nantinya akan membuahkan sebuah energi listrik yang akan mengisi daya baterai smartphone tersebut. Jadi, power UF yang telah terpasang di sepeda ontel tersebut tidak akan bisa menghasilkan energi listrik bila tanpa adanya perputaran dari roda sepeda ontel itu sendiri. Mengapa hal itu bisa demikian….? Karena energi listrik itu bisa dihasilkan dari pergerakan roda yang ada pada sepeda ontel tersebut. Intinya adalah mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

Untuk masalah pengisian daya baterai smartphone sudah disesuaikan oleh output dari power UF tersebut. Karena power UF mempunyai output listrik sebesar 5V/1A. Hal itu sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan smartphone. Dan disitu juga membutuhkan kecepatan bersepeda diatas 3 mil per jam agar dapat menghasilkan listrik yang cukup untuk mengisi daya baterai smartphone. Jadi bisa dibuat kesimpulan bahwa untuk mengisi penuh daya baterai normal sebuah smartphone dibutuhkan waktu sekitar empat setengah jam bersepeda dengan kecepatan diatas 3 mil per jam.
source : foxnews
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar