Canggih, Penemuan Alat Deteksi Bencana Di Bumi

image : tangible-earth.com
Pengaruh semakin banyaknya jumlah populasi manusia yang ada di dunia, sehingga menimbulkan pertanyaan-pertanyaan tentang kestabilan dari seluruh ekosistem yang ada di planet bumi oleh berbagai kalangan negara yang sudah maju maupun negara yang sedang berkembang saat ini. Pertanyaan-pertnyaan tersebut dilontarkan oleh mereka mulai dari berbagai macam aspek yang mungkin secara tidak sadar semua aspek tersebut sangat penting dan berguna bagi seluruh manusia yang ada di bumi. Hal itu dimulai dari pengajuan pertanyaan mengenai bagaimana dan kapan bencana alam terjadi, seperti tsunami, angin topan, gempa bumi, dan apakah hal demikian bisa diantisipasi sebelum bencana alam tersebut terjadi.

Walaupun dizaman sekarang ini pemerintah di negara tertentu sudah menyediakan alat yang dapat mendeteksi bencana alam, namun alat tersebut mungkin masih kurang fleksibel untuk digunakan oleh seluruh masyarakat yang membutuhkannya. Selain itu dalam 20 tahun terakhir ini banyak juga teknologi yang bermunculan untuk perkara tersebut. Lebih tepatnya alat itu dinamakan Tangible earth, yaitu sebuah GPS yang mempunyai teknologi canggih untuk mendeteksi dan menginformasikan tentang terjadinya bencana alam yang ada di seluruh muka bumi baik sebelum, selama, dan setelah bencana alam itu terjadi, yang nantinya akan dihubungkan dengan sebuah Ipad yang berfungsi sebagai alat pengontrolnya.

Alat teknologi canggih ini ditemukan di Sendai, Jepang, oleh seorang yang bernama Mr. Sinichi Takemura. Beliau mengungkapkan “ Topan, angin topan, gempa bumi, dan tsunami selalu terjadi sehingga selalu ada bencana yang tak terduga. Kita sebagai manusia harus dapat mengantisipasi agar dapat menghapus risiko internal untuk membuat masyarakat kita lebih tangguh”. Dari paparan di atas dapat terungkap sebuah terobosan bahwa teknologi ini dibangun memang untuk semua masyarakat agar mereka dapat mengantisipasi sekaligus mengetahui tentang adanya bencana alam itu terjadi sehingga mereka dapat melakukan persiapan sebelum mara bahaya itu datang.

Dengan menggunakan sebuah Ipad yang sudah dihubungkan oleh server Tangible Earth, kita dapat mengakses berbagai macam informasi tentang daerah-daerah yang rawan terhadap bencana alam seperti banjir bandang , tanah longsor atau gempa bumi dan kita juga dapat memperkirakan kapan bencana  itu terjadi, karena pada Tangible Earth kita akan ditunjukan dengan berbagai macam aspek bumi seperti real time cuaca, variasi iklim, dan perkembangan pemanasan global yang ada di bumi. Selain itu penggunaannya juga sangat fleksibel, yaitu cukup melihatnya dengan menggunakan Ipad serta kita juga dapat memperbesar dan memperkecil tampilan untuk mengamati setiap wilayah yang ada di planet ini sehingga dapat mencarinya melalui informasi lokal.

Menggunakan sebuah Ipad yang dihubungkan dengan server Tangible Earth kita dapat mengetahui berbagai macam aspek yang di bumi yang berarti peran teknologi dalam manajemen bencana akan tumbuh berkembang dan sekaligus sebagai info untuk sebuah ekosistem menjadi lebih kompleks. Sehingga akan sampai kepada masyarakat global dan dapat bermanfaat dalam berbagai keuntungan.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar