4 Cara Mudah Mengatasi Android Yang Lemot

Android yang lemot selalu jadi masalah yang memicu kejengkelan dan bahkan kemarahan para penggunanya. Ada banyak hal yang menyebabkan android menjadi sangat lambat dan bahkan kadang-kadang hang  sehingga tidak bisa diapa-apakan. Parahnya, situasi tersebut juga memaksa penggunanya untuk melepas baterai secara paksa demi menyalakan kembali ponsel androidnya. Cara tersebut jelas akan berdampak buruk bagi android yang dipakai. Selain akan merusak baterai, usia ponsel tersebut tidak akan bertahan lama. Dan kadang memicu masalah baru seperti baterei nge-drop. Untuk menghindari risiko-risiko buruk pada android Anda, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. 

1.Mengatur Wallpaper
Penggunaan wallpaper sering menyebabkan android menjadi sangat lemot. Khususnya jika menggunakan live wallpaper yang memang sangat atraktif dan menarik. Sayangnya, jika kapasitas memory cukup kecil, hal itu hanya akan memperlambat kinerja sistem. Selain itu, pemakaian live wallpaper juga sering menyedot energi baterei dalam waktu singkat. Sementara itu, gunakanlah wallpaper yang resolusinya standar alias tidak terlalu besar.

2.Mematikan Animasi
Transisi model animasi merupakan salah satu karakter unik dari sistem android, apalagi yang versi terbaru. Biasanya juga sudah menjadi pengaturan standar dalam sebuah ponsel android. Tapi ketahuilah bahwa sistem transimisi animasi hanya akan memperlambat kerja sistem. Untuk membuatnya lebih ringan, Anda bisa mengaturnya menjadi lebih sederhana. Caranya dengan mematikan fitur animation scale, animator duration scale, dan window animation scale.

3.Pengaturan Aplikasi
Gunakanlah aplikasi seperlunya saja. Memang, hampir setiap hari ada aplikasi baru yang ditawarkan secara gratis di PlayStore. Di saat bersamaan, Anda juga selalu tertarik untuk mencoba dan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Namun tidak semua aplikasi akan Anda gunakan, bukan? Kadang,  hanya ada beberapa aplikasi yang setiap hari Anda gunakan. Jadi, jangan asal mengunduh dan memasang aplikasi jika memang tidak benar-benar membutuhkannya. Masalah ini seringkali terjadi pada aplikasi game. Jika sudah bosan atau tidak pernah dimainkan lagi, hapus saja dari sistem android. Cara ini akan membantu meringankan kinerja sistem android.

4.Penggunaan Micro SD
Ada beberapa jenis ponsel android yang sudah ditunjang oleh memori internal yang besar. Kapasitasnya mampu menampung banyak data dan aplikasi. Namun kebutuhan manusia selalu sulit terbendung sehingga akan selalu tertarik untuk menyimpan dan menggunakan banyak data. Alih-alih memenuhi memori internal yang akan mengganggu sistem, gunakan saja Micro SD. Itu pun harus dipilih dari tipe yang berkecepatan tinggi. Artinya, Micro SD tersebut mampu menyimpan dan memindahkan data dalam waktu cepat. Anda bisa memilih level Micro SD yang tinggi seperti 10, atau memilih kelas yang standar, yaitu ukuran 6. Penggunaan Micro SD pun tak bisa dipaksakan karena tetap akan berpengaruh pada android yang lemot.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar