3 Cara Mudah Mengoptimalkan Kinerja Komputer Anda

Mengoptimalkan kinerja PC sangat membantu rutinitas Anda yang seharian menggunakan alat komputer ini. Personal computer atau disingkat PC memang sudah banyak dimiliki orang. sebagian besar tujuannya untuk membantu aktivitas kerja sehari-hari. Apalagi Anda yang bekerja di sebuah perusahaan yang menerapkan sistem komputerisasi untuk mempermudah kinerjanya. Namun demikian, Anda yang juga bekerja di rumah bisa juga memanfaatkannya. Untuk sekedar mengetik dokumen, menggambar desain grafis, atau yang lainnya. Oleh karena itu, mayoritas orang sangat  membutuhkan PC untuk bekerja. Namun demikian, tidak sedikit yang mengeluh karena kinerja PC mereka yang terkesan ‘berat’ saat membuka software atau perangkat lunak tertentu. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa cara untuk mengoptimalkan kinerja PC untuk bekerja sehari-hari. Lalu, bagaimana caranya? Berikut sedikit uraiannya untuk Anda.

1.Merampingkan isi harddisk
Harddisk di dalam sebuah PC berfungsi untuk menyimpan berbagai data yang dibutuhkan oleh pemiliknya. Biasanya, sang pemilik tidak begitu memperhatikan data-data lama atau terdahulu yang sudah penting lagi. Lama-kelamaan data-data tersebut bisa memenuhi isi harddisk dan hanya menghabiskan ruangannya saja. Oleh karena itu, Anda perlu merampingkan isi harddisk, yaitu dengan cara memilih dan memilah data-data di dalamnya. Data yang masih digunakan silakan tetap tersimpan di dalam harddisk. Sementara data lama yang dikira sudah tidak dipakai, silakan untuk ‘dibakar’ dan bentuk piringan atau disimpan dalam harddisk eksternal. Silakan untuk dicoba sendiri. Dengan begitu, kinerja PC tidak akan lemot lagi saat digunakan sehari-hari.

2.Manajemen data di dalam PC
Manajeman atau pengaturan juga bisa Anda lakukan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja PC. Caranya, yaitu membuat berbagai folder dan menyimpan berbagai data dengan kategori yang sudah ditentukan. Misalnya, Anda membuat tiga folder utama, yang berisi tentang pekerjaan, hiburan, dan lain-lain. Di dalam setiap folder tersebut silakan diatur sendiri sesuai kategori yang dimiliki. Cara seperti ini bisa menghemat ruangan di harddisk dan memory lebih optimal. Dengan begitu, kinerja PC bisa lebih dimaksimalkan untuk bekerja sehari-hari. Anda pun tidak perlu membawa PC tersebut untuk diservis.

3.Memilih dan memilah software di PC
Berbagai software yang terdapat di dalam sebuah PC bisa memberatkan kinerjanya. Oleh karena itu, Anda bisa ‘membuang’ sofware-software yang diperkirakan tidak dibutuhkan. Mekanisme pembuangannya, yaitu dengan cara uninstal dari setiap software yang tidak dibutuhkan. Biasanya, software yang memberatkan PC, yaitu program game atau permainan yang terlalu banyak. Hal seperti ini cukup beresiko apalagi jika software tersebut mengandung virus yang bisa saja menginfeksi sistem operasi di dalam PC tersebut. Kondisi seperti itu, bisa lebih membahayakan lagi. Itulah beberapa cara yang bisa Anda praktikkan dari sekarang untuk mengoptimalkan kinerja PC.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar