3 Cara Merawat Motor Matic yang Mudah dan Praktis

Tips merawat motor matic perlu Anda ketahui karena saat ini cukup banyak yang memilikinya, tetapi kurang memahami cara perawatannya. Dengan begitu, motor matic tersebut dapat lebih tahan lama dan selalu nyaman dan aman saat dikendarai. Untuk merawatnya, Anda dapat melakukannya di rumah, jika memiliki pengetahuan dan peralatan yang memadai untuk melakukan perawatan. Namun, jika Anda buta tentang perawatan motor matic sebaiknya bawa saja motor milik Anda ke bengkel resmi atau bengkel langganan saja. Ada beberapa cara sederhana tips merawat motor matic yang perlu Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak sedikit informasi di bawah ini.

Panaskan motor sebelum digunakan
Pada pagi hari, biasakan memanaskan mesin motor matic sebelum digunakan untuk berangkat beraktivitas. Hal itu bertujuan agar oli mesin dapat bekerja optimal dengan melumasi bagian mesin dalam. Dengan begitu, saat digunakan di jalan raya tidak bermasalah. Anda pun tidak perlu menggeber gasnya keras-keras, seperti orang kampanye di jalan. Hal itu malahan bisa mempercepat mesin motor aus. Anda cukup menyalakan mesinnya sekitar 4 – 5 menit. Itulah salah satu tips merawat motor matic.

Lakukan servis secara teratur
Anda yang memiliki motor matic yang masih baru atau sudah berumur, selalu lakukan servis ringan secara teratur. Biasanya, saat di bengkel servis ringan dilakukan dengan membersihkan bagian karburator mesin dan selang-selang pompa bensin. Selain itu, bagian pengapian, seperti aki dan busi juga diperiksa dan dibersihkan. Bagian kaki-kaki motor, seperti shockbreaker, ban, knalpot, rantai, rantai, gir, serta rem tidak luput dari pemeriksaan. Dengan cara seperti itu, montir akan mengetahui bagian mana yang sudah aus atau kurang stabil sehingga dapat dibenarkan. Saat menyervis motor matic jangan lupa untuk mengganti oli mesinnya sekalian. Pilihlah oli mesin yang khusus untuk motor matic.

Cuci motor matic secara teratur
Dengan mencuci motor secara teratur, misal seminggu sekali atau setiap kali kehujanan. Hal itu dapat membuat body motor matic lebih tahan lama dan akan terlihat kinclong. Jangan pernah gunakan sabun deterjen saat mencucinya karena hanya akan membuat warna body tidak awet. Hal itu dikarenakan sifat deterjen yang panas, sehingga tidak cocok dipakai. Pakailah shampo khusus untuk mencuci sepeda motor yang bisa dibeli di bengkel atau toko sparepart sepeda motor. Jika sepeda motor matic milik Anda selalu bersih, tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.
Jangan pernah lupa untuk selalu merawat motor matic milik Anda dengan penuh kasih sayang, seperti halnya menyayangi keluarga atau orang terdekat. Dengan begitu, Anda bisa selalu mengendarai motor matic dengan mesin yang selalu bagus dan tanpa ada gangguan berarti. Itulah sedikit informasi mengenai tips merawat motor matic.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar