6 Langkah Penting Dalam Membeli Rumah Idaman

image : istock
Entah dengan siapa kita harus mengatakan dan dimana kita harus membeli sebuah rumah yang cocok bagi kehidupan kita. Karena setiap orang pasti mempunyai persepsi yang berbeda untuk mendefinisikannya. Mungkin, sebagian orang mengatakan bahwa rumah yang cocok itu dipenuhi dengan perabotan yang lengkap dan diisi dengan barang-barang yang mewah di dalamnya saperti Guci emas, mobil, lampu-lampu yang di desain secara kompleks agar terlihat mempesona. Tetapi sebagian orang  juga mengatakan bahwa rumah yang cocok adalah rumah yang terlihat sederhana dan dikelilingi dengan bunga-bunga dan pepohonan dengan udara yang sejuk serta ramah lingkungan. Selain itu masih banyak lagi beberapa persepsi  lainya yang semuanya itu akan menghantarkan kita kepada satu titik yaitu rumah idaman bagi kehidupan kita.
Dari paparan di atas ada 6 langkah penting ketika anda akan membeli rumah agar sesuai dengan harapan anda. Berikut langkah-langkahnya :

1. Melihat gambaran rumah yang akan dibeli
Ketika  anda hendak membeli rumah terlebih dahulu anda harus mencari informasi tentang rumah yang akan dijual. Hal itu bisa anda cari tahu lewat media informasi seperti koran, majalah, internet dan berbagai macam media informasi lainya. Atau bisa anda cari tahu melalui teman-teman,kerabat terdekat anda yang mungkin mereka mendapatkan informasi tentang rumah yang hendak dijual. Jika anda telah mendapatkan informasi tersebut dan merasa tertarik, maka hendaklah meminta gambaran tentang rumah yang akan dijual kepada penjual rumah terebut, semisal berupa foto rumah dari depan, samping, belakang sebelum anda menginjak lebih lanjut untuk melakukan survei terhadap rumah tersebut.

2. Mengajukan pertanyaan kepada penjual rumah
Sebagai calon pembeli anda harus mempersiapkan beberapa pertanyaan kepada penjual rumah agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dibelakang nantinya antara anda dengan pihak  penjual rumah kalau seandainya rumah tersebut sudah menjadi milik anda. Beberapa pertanyaan yang mendetail perlu anda persiapkan sebagai pembeli untuk diajukan kepada penjual rumah, semisal : berapa lama rumah tersebut sudah didirikan?, Apakah surat-surat tanah dan rumah tersebut masih lengkap?, Apakah rumah tersebut masih ada yang perlu diperbaiki?, Apakah ada tawaran harga untuk pembelian rumah tersebut?, Dan masih banyak lagi pertanyaan yang harus anda ajukan.

3. Melihatnya lebih dari sekali
Banyak para pembeli ingin memastikan keadaan rumah yang sebenarnya. Maka hendaknya anda harus melakukan survei terhadap rumah yang akan anda beli sekurang-kurangnya 3 sampai 4 kali survei agar anda tahu betul bagaimana kondisi rumah saat pagi, siang, sore, dan malam hari. Kemudian anda juga bisa melihatnya pada saat turun hujan, apakah ada atap rumah yang bocor dan perlu perbaikan. Karena semua itu dilakukan demi kenyamanan anda sebagai calon penghuni rumah tersebut.

4. Melihat lingkungan yang ada di sekitar rumah
Perlu anda ketahui bahwa membeli rumah itu tidak sesimpel membeli barang atau properti lainnya, namun lebih dari itu. Karena hal itu berkaitan dengan cara anda menemukan tempat yang bagus untuk hidup dan berkembang. Melihat lingkungan sekitar rumah yang dijual sebelum membelinya memang sangat diperlukan, karena hal demikian juga dapat mempengaruhi kenyamanan dan tidaknya pada diri anda dalam bertempat tinggal nantinya. Apakah lingkungan sekitarnya ramah atau tidak, bersih atau berpolusi, penuh dengan keramaian atau malah sebaliknya, Itu semua ada pada diri anda yang menilainya.

5. Mempertimbangkan dengan tepat sebelum melakukan pembelian
Setelah anda mengetahui tentang semua keadaan rumah yang akan dijual, anda harus mempertimbangkan dengan tepat, apakah rumah tersebut sesuai dengan keinginan anda atau tidak, dan apa saja yang perlu diperbaiki/direnovasi, kemudian setelah itu anda dapat memutuskan untuk membeli rumah tersebut.

6. Melangkah lebih cepat sebelum ada persaingan
Rumah yang menarik untuk dilihat oleh semua orang dan terlihat nyaman untuk ditempati serta mempunyai tempat yang strategis, tidak semudah anda membalikan telapak tangan untuk memilikinya. Tetapi disitu juga banyak persaingan yang perlu anda antisipasi. Dengan cara membayar uang dimuka terlebih dahulu memanglah cara yang sangat tepat, karena itu merupakan sebuah simbol bahwa anda setuju untuk membeli rumah tersebut dan sekaligus mencegah bagi para pembeli lainnya untuk memiliki rumah tersebut.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar