5 Pilihan Usaha Yang Cocok Buat Anak Muda

Memulai satu usaha di usia muda tentu menjadi tantangan menarik yang layak dicoba. Bahkan, tidak sedikit pelakunya yang sudah membuktikan diri dalam meraih keuntungan yang sangat menggiurkan. Dengan begitu, tak perlu terburu buru melamar pekerjaan di sebuah perusahaan karena menjalankan usaha ini bisa dibilang mudah dan penuh pembelajaran diri dalam berbagai hal.

Berikut ini beberapa peluang usaha yang bisa dijalankan seperti :


1. Membuka Agen Perjalanan
Jenis usaha ini bisa dilakukan dengan mudah terlebih bagi mereka yang memang hobi jalan jalan atau bepergian ke suatu tempat. Membuka agen perjalanan adalah solusi yang tepat dikarenakan peminatnya juga cukup tinggi terlebih menjelang masa liburan. Adapun layanan yang diberikan bisa berupa pembelian tiket atau agen perjalanan. Untuk bisnis semacam ini anda bisa menjalin kerja sama dengan beberapa pihak mulai dari perhotelan, tempat rekreasi hingga akomodasi lainnya seperti transportasi misalnya.


Hanya saja, menjalankan bisnis ini juga harus membekali diri dengan segala kritikan yang diberikan oleh pelanggan. Entah karena layanan yang kurang memuaskan hingga jadwal yang tak sesuai dengan rencana. Meski demikian, jika dikerjakan dengan sepenuh hati maka tantangan ini akan dengan mudah dilewatkan.

2. Berbisnis Secara Online
Peluang usaha yang satu ini cukup digemari oleh kalangan anak muda karena mudah, murah, cepat dan praktis. Modal utama untuk menjalankannya cukup sederhana seperti smartphone hingga beberapa akun di media sosial hingga website. Selain itu, tak perlu menyetok barang dalam jumlah banyak karena sistem reseller atau dropship memberi kemudahan bagi mereka yang hendak menjual. Ada banyak produk yang bisa ditawarkan mulai dari kebutuhan anak, elektronik, rumah tangga hingga jasa. 


Untuk menjalankan bisnis online yang perlu diperhatikan adalah kecepatan dan ketepatan dalam mengirim produk. Selain itu, layanan konsumen dalam memberi penjelasan secara detail serta tersedia nomor atau jalur komunikasi memberi kesan positif bagi pengunjung. Yang terpenting disini adalah mengutamakan kepuasan konsumen karena di bisnis online hal yang terpenting adalah kepercayaan. 

3. Memiliki Usaha Kuliner
Bisnis kuliner adalah bisnis yang jarang mengalami penurunan dengan pertimbangan setiap orang membutuhkannya. Lihat saja restoran, rumah makan hingga café terus bermunculan yang menunjukkan bahwa peluang usaha yang satu ini cukup menjanjikan. Namun, yang terpenting adalah menjaga ramuan atau racikan untuk menghasilkan makanan yang tak hanya lezat namun membuat konsumen selalu merindukannya. 


Nah, sebagai anak muda cobalah untuk menciptakan bisnis kuliner yang memiliki konsep berbeda. Bisa dimulai dengan nama café yang asing dan cenderung unik hingga membuat desain interior yang menarik. Untuk mengenalkan kepada konsumen, manfaatkan media sosial seperti Facebook, twitter hingga instagram.

4. Membuka Event Organizer
Bagi mereka yang aktif di perkuliahan untuk urusan penyelenggaraan kegiatan ada baiknya dimanfaatkan untuk membuka usaha EO atau Event Organizer. Jasa yang satu ini cukup banyak diminati terutama oleh konsumen di perkotaan. Adapun layanan yang diberikan bisa untuk acara reuni, pernikahan, ulang tahun, pembukaan kantor baru hingga pertemuan rapat. 


Agar semakin dikenal, ajak teman atau saudara untuk mempromosikannya bahkan mereka bisa juga direkrut sebagai tim. Dan tak lupa, jejaring sosial turut memberi andil yang cukup besar dalam mempromosikan jasa EO. 

5. Design Grafis
Perkembangan bisnis online yang begitu pesat membuat usaha design grafis semakin dibutuhkan. Salah satunya adalah untuk kebutuhan website dalam hal mempromosikan produk atau jasa. Untuk itu, tawarkan jasa anda ke beberapa perusahaan baik swasta hingga pemerintahan dengan tarif yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan.

Baca Juga : 6 Cara Agar Anda Cepat Kaya Dan Sukses Di Usia Muda
Artikel Terkait