9 Kebiasaan Yang Tidak Baik Setelah Makan Siang

Makan siang memang suatu hal yang sudah menjadi kebiasaan dan kebutuhan anda sehari-hari. Selain itu Makan siang juga suatu hal yang penting untuk mengembalikan stamina anda atau memberikan energi kembali yang mana energi dalam tubuh anda sudah berkurang setelah melakukan beberapa aktifitas misalnya bekerja, belajar, mengajar dan lain sebagainya. Perlu diingat bahwa pada waktu makan siang, tubuh anda memiliki kemampuan untuk mencerna makanan dengan lebih maksimal dan menyerap semua nutrisi penting yang ada, sehingga bisa mengembalikan stamina tubuh menjadi kuat kembali. Akan tetapi pada saat yang sama, sistem pencernaan tubuh anda juga sensitif sehingga tidak dapat melakukan fungsinya jika terhalang oleh 9 kebiasaan yang tidak baik untuk dilakukan setelah makan siang. Berikut keterangannya :
 
1.Terlalu minum air berlebih
Jika anda minum air terlalu belebihan setelah makan siang, maka hal itu bisa mengganggu proses pencernaan makanan dalam tubuh anda. Dan hendaklah anda minum air secukupnya saja, agar proses pencenaan dalam tubuh menjadi lancar.

2. Jalan-jalan
Jalan-jalan setelah makan siang merupakan hal yang kurang baik untuk dilakukan, karena hal itu akan menyulitkan sistem pencernaan dalam tubuh anda untuk menyerap nutrisi makanan. Sehingga energi dalam tubuh yang dihasilkan dari apa yang anda makan menjadi berkurang.

3.Minum teh
Perlu anda ketahui bahwa daun teh memiliki kandungan asam yang dapat menghalangi kandungan protein makanan dalam tubuh anda. Sehingga minum teh setelah makan siang juga merupakan kebiasaan yang kurang baik untuk dilakukan, karena hal itu bisa menghambat proses pencernaan dalam tubuh anda.

4.Menyikat gigi
Sikat gigi setelah makan siang termasuk hal yang kurang baik untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan jika anda menyikat gigi setelah makan siang, maka enamel yang ada pada gigi anda mudah terkikis.

5.Mengemudi
Dalam  proses pencernaan makanan pada waktu setelah makan siang membutuhkan sejumlah besar darah dalam tubuh anda. Dan hal itu juga mempunyai afek yang bisa mengurangi tingkat konsentrasi anda. Jika anda mengemudi setelah makan siang tanpa istirahat terlebih dahulu sampai menunggu proses pencernaan makanan dalam tubuh anda usai, maka hal itu kurang baik dan berisiko bagi anda dalam mengemudi.

6.Merokok
Merokok merupakan hal yang tidak baik bagi kesehatan, apalagi dilakukan setelah makan siang dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan paru-paru. Karena pada waktu proses pencernaan, sirkulasi darah yang mengalir lebih cepat kemudian bertemu dengan asap rokok yang mengandung beberapa zat berbahaya dapat menyebabkan kinerja paru-paru dan ginjal anda tidak stabil, sehingga rentan sekali mengalami kerusakan.

7.Berolahraga
Jika anda berolahraga setelah makan siang, hal itu akan mengurangi aliran darah dalam proses pencernaan dan menyebabkan kesulitan untuk mencerna nutrisi pada makanan dalam tubuh anda. Sehinga energi yang dihasilkan pun tidak maksimal dan bahkan dapat mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh.

8.Berenang
Jika anda ingin berenang hendaklah sebelum makan siang, dan jangan melakukannya setelah makan siang. Karena hal itu kurang baik bagi anda dan bisa menyebabkan perut anda mual sehingga proses pencernaan dalam tubuh anda pun mengalami kendala.

9.Makan buah-buahan yang berlebih
Makan buah-buahan yang berlebih setelah makan siang juga kurang baik bagi anda. Hal itu bisa menyebabkan perut anda kembung dan menjadikan proses pencernaan anda tidak lancar, karena terlalu banyak buah yang dimakan sehingga perut anda penuh dengan udara dan air.
Artikel Terkait