Inilah Lima Hal Yang Dapat Merusak Hubungan Persahabatan

Menjaga hubungan yang baik dalam bersahabat memang dibutuhkan oleh setiap manusia sebagai makhluk sosial. Dimana seseorang akan selalu membutuhkan teman atau sahabat untuk berinteraksi sosial dalam kehidupannya. Dan sebuah keakraban adalah tujuan yang diharapkan oleh seseorang yang memiliki hubungan sosial khususnya dalam bersahabat agar selalu dapat melakukan interaksi sosial yang positif. Sehingga dapat menjadi sosok sahabat sejati dan selalu bisa hidup berbaur antara satu sama lain.

Akan tetapi setiap hubungan sosial seseorang dalam bersahabat sangat mungkin diwarnai oleh friksi atau perbedaan pendapat antara satu sama lain yang menyebabkan hubungan keakraban mereka menjadi berkurang. Sebagai makhluk sosial hendaklah seseorang mengerti akan pentingnya untuk menjaga sebuah hubungan persahabatan yang baik. Ada lima hal yang harus dihindari agar hubungan persahabatan dapat terjaga dengan baik. Berikut keterangannya :

1. Berprasangka buruk
Selalu berprasangka buruk terhadap teman atau sahabat akan membuat hati seorang teman tidak nyaman dalam menjalin hubungan persahabatan. Secara tidak langsung, hal itu akan menimbulkan hubungan semakin tidak rukun. Begitu juga sebaliknya bahwa mempunyai rasa kepercayaan dengan sesama sahabat akan memiliki dampak yang positif dalam sebuah hubungan persahabatan yaitu dengan selalu berprasangka baik terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari alias positif thinking.

2. Saling menjatuhkan
Dengan adanya sifat saling menjatuhkan dalam sebuah hubungan persahabatan , maka sifat saling tolong menolong pun akan sirna. Hal tersebut terjadi karena sudah tidak adanya kekompakan antara sahabat dalam menjalin sebuah hubungan. Sehingga hal itu dapat memutuskan tali persahabatan yang sudah terjalin dan keakraban pun juga akan segara hilang. Oleh sebab itu, rasa saling menghargai dan menjaga nama baik sesama teman harus dilestarikan agar keakraban dalam bersahabat dapat terjaga dengan baik.

3. Mencampuri urusan pribadi
Ikut campur urusan pribadi teman… ? wah, itu tabu ! tetapi ikut campur dalam membantu sahabat atau teman yang lagi punya masalah atau musibah kenapa tidak..?, yang terpenting kita harus tahu tentang batasan-batasan menjadi seorang sabahat, agar tidak sampai mencampuri urusan pribadinya. Sehingga teman akan merasa nyaman ketika berinteraksi sosial untuk menjalin hubungan persahabatan yang baik.

4. Cari muka dengan merendahkan yang lain 
Ingat, setiap orang pasti tidak luput dari kekurangan dan kelemahan. Semisal ketika dalam sebuah pertemuan dengan beberapa teman atau sahabat, ada seseorang yang selalu mencari kesalahan teman untuk dijadikan bahan obrolan sehingga membuat teman tersebut merasa malu dan merasa dilecehkan. Oleh sebab itu pupuklah tali persahabatan dengan cara menjaga aib seorang teman.

5. Bersikap tidak santun
''Luka dapat disembuhkan, akan tetapi sakit hati yang mendalam akan terbawa sampai mati'' demikian kata orang bijak. Untuk menjalin sebuah keakraban dalam bersahabat, maka hendaknya kita harus bersikap sopan dan punya aturan, baik dari segi prilaku maupun ucapan agar hubungan persahabatan terus berjalan dan dapat terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan hubungan persahabatan.
Artikel Terkait