Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5 Peluang Usaha Sampingan Yang Cocok Buat PNS

Menjadi seorang wirausahawan sebenarnya tidak sulit karena bisa dikerjakan di sela-sela waktu luang anda. Sudah pasti setiap orang memiliki waktu luang yang sayang kalau dilewatkan begitu saja tanpa memberi penghasilan tambahan bagi kebutuhan keluarga. Dan usaha itu bisa dilakukan oleh seorang PNS sekalipun yang notabennya harus bekerja di sebuah instansi pemerintah.
Ada banyak jenis peluang usaha yang bisa dijalankan oleh mereka yang bekerja sebagai PNS. Namun yang pasti, membagi waktu dengan porsi seimbang sangatlah dibutuhkan agar tidak menimbulkan kesenjangan atau bahkan kritikan dari sesama pegawai di lingkungan sekitar. Berikut ini adalah 5 peluang usaha sampingan yang cocok buat PNS :

1.Beternak
Memiliki usaha yang satu ini memang dibutuhkan keahlian khusus terutama mengenai  jenis hewan yang akan dipelihara nantinya. Meski begitu, bukan berarti akan terdapat kesulitan dalam bisnis ini karena banyak sekali sumber yang bisa dijadikan sebagai referensi. Sebut saja beternak ayam pedaging yang mampu memberikan penghasilan hingga puluhan juta rupiah dalam masa dua bulan ternak misalnya.
Untuk mengurusnya, Anda tak perlu melakukannya sendiri namun carilah kira-kira dua orang karyawan yang bertugas memberi makan, vaksin serta membersihkan kandang. Dengan demikian, waktu dan tenaga yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

2.Sembako
Peluang usaha ini sangatlah memberi penghasilan yang cukup tinggi dikarenakan kebutuhan masyarakat akan bahan-bahan utama seperti minyak hingga beras semakin meningkat. Untuk memulainya, tak perlu menyewa ruko atau toko namun cukup memanfaatkan ruangan yang ada di rumah sendiri seperti garasi atau ruangan lainnya. Adapun bahan sembako yang nantinya akan dijual tidak perlu menyetok dalam jumlah banyak, namun usahakan lengkap meski tersedia dalam beberapa kemasan saja. Hal ini perlu agar pelanggan mengenal jika usaha sembako anda cukup lengkap.

3.Jasa
Ada banyak peluang usaha yang bisa dilakukan dalam menawarkan jasa seperti laundry misalnya. Saat ini, banyak sekali masyarakat yang sepertinya tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci sehingga sangatlah bijak jika peluang ini dimanfaatkan. Adapun modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu mahal dan sudah bisa dipastikan peminatnya cukup banyak. Yang terpenting disini adalah tetap menjaga kualitas pelayanan mulai dari hasil cucian yang bersih, harum dan rapi. Dengan demikian, pelanggan akan merasa puas dan terus menggunakan jasa yang anda ditawarkan.

4.Franchise
Saat ini tersedia begitu banyak peluang franchise yang bisa dijalankan dengan mudah serta tidak membutuhkan banyak dana untuk memulainya. Usaha ini sangat cocok bagi seorang PNS yang tidak mau diribetkan dengan supplier produk, manajemen hingga karyawan karena sudah diatur dalam perjanjian antara pemilik franchise dengan mitra. Selain itu, brand franchise yang sudah terkenal akan semakin mempercepat pelaku usaha meraih keuntungan.

5.Berjualan Online
Berjualan online merupakan bisnis yang cukup menggiurkan serta tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk menjalankannya. Selain itu, modal yang diperlukan juga tak sebesar usaha lokal namun bisa memberi penghasilan yang tak terbatas. Cukup gunakan komputer yang terhubung dengan internet dan beberapa media sosial sebagai alat promosinya, maka anda bisa menjual produk apa saja selama dibutuhkan banyak orang.

Nah, dengan melihat beberapa peluang usaha diatas tentu saja tidak ada lagi alasan untuk tidak memiliki usaha sampingan. Selain bisa dilakukan di waktu luang, kesempatan untuk mendapatkan keuntungan lebih besar juga terbuka lebar. Yang terpenting disini adalah berusaha keras, disiplin serta memiliki komitmen yang tinggi.