6 Alasan Dibalik Pertumbuhan Game Mobile Di Indonesia

Para peminat game versi mobile di Indonesia yang telah meningkat pesat melebihi beberapa Negara di asia tenggara saat ini, menimbulkan berbagai alasan yang perlu dibahas lebih detail. Hal demikian bertujuan agar kita lebih mengetahui seberapa besar manfaat game mobile itu sendiri khususnya bagi kesejahteraan pengguna game yang ada di tanah air tercinta. Berdasarkan laporan riset dari casual connect bahwa ada sekitar 34 juta gamer di Indonesia dan 19 juta gamer di antaranya merupakan paying gamer dengan pengeluaran rata-rata hingga Rp 120.000 untuk membeli game. Hal tersebut menyatakan bahwa begitu besar jumlah pengeluaran secara keseluruhan yang telah dihabiskan oleh para gamer di Indonesia untuk bermain game. Jika tanpa adanya tujuan dan manfaat bagi para gamer itu sendiri, tidaklah mungkin untuk mencapai jumlah yang sekian banyak pengguna. Oleh karena itu sudah bisa dipastikan bahwa ada berbagai alasan dibalik pertumbuhan game mobile yang ada di tanah air.

Dari pernyataan di atas ada 6 alasan dibalik pertumbuhan game mobile di Indonesia.

1.Game mobile masih cukup memberi pemasukan yang menggiurkan
Persentase penghasilan yang diperoleh Indonesia dari game mobile untuk platform android dan iOS cukup tinggi yaitu mencapai 65 %.  Indonesia menduduki posisi ketiga setelah Malaysia dan korea selatan . Hal demikian menyatakan bahwa Indonesia sangat diuntungkan dari hasil penjualan geme mobile tersebut, sehingga dapat terus memicu akan pertumbuhan game mobile yang ada di tanah air saat ini.

2.Android masih merajai pasaran
Dengan harga yang terjangkau dan cukup bervariatif membuat android berhasil merajai pasaran di Asia Tenggara, khususnya kebanyakan pengguna berada di Indonesia. Hal tersebut membuat pengguna game mobile semakin marak di Indonesia. Apalagi ditambah dengan adanya smartphone murah yang mendapatkan jaminan dukungan software dari Google, membuat para peminat android semakin bertambah jumlahnya. Sehingga hal demikian juga bisa membuat pertumbuhan game mobile yang ada di Indonesia semakin berkembang.

3.Meningkatnya jumlah pengguna platform
Semakin bertambahnya jumlah pengguna dari berbagai macam platform baik itu dari android, iOS dan Windows phone, membuat pertumbuhan game mobile yang ada di Indonesia semakin naik jumlahnya. Selain itu juga didukung dengan jumlah penduduk kelas menengah di tanah air yang selalu meningkat dari tahun ke tahun membuat pengguna dari berbagai macam platform juga terus bertambah.

4.Tingkat download game mobile di Indonesia cukup tinggi
Berdasarkan laporan dari Appannie pada bulan Desember 2014 menyatakan bahwa tingkat download aplikasi dan game di Indonesia mencapai 85 %  yang di download dengan menggunakan perangkat android melalui Google Play Store. Hal tersebut hanya selisih 15 %  lebih rendah dari tingkat download yang ada di Korea selatan. Jadi Indonesia menduduki peringkat kedua se-Asia tenggara setelah korea selatan.

5.Banyak peminat berbagai game versi mobile
Banyak jenis game mobile yang diminati oleh para gamer yang ada di Indonesia diantaranya adalah game dengan genre Strategy, Racing, Action, Adventure atau Arcade, dan Simulation. Dengan adanya hal tersebut dapat memicu pertumbuhan game mobile di Indonesia semakin berkembang pesat, sehingga Indonesia menjadi pasar yang potensial untuk mengembangkan game mobile.

6.Demografis penduduk di Indonesia
Jika dilihat dari demografis, Indonesia mempunyai jumlah peminat game mobile yang cukup besar di Asia tenggara. Dari 250 juta lebih penduduk di Indonesia, sekitar 52,5 juta adalah pengguna smartphone dan sekitar 73 juta adalah pengguna internet.  Dan banyaknya jumlah pelanggan smartphone kurang lebih sekitar 300 juta . Hal demikian menunjukkan bahwa pengaruh dari jumlah pengguna smartphone di Indonesia dapat menunjang pertumbuhan game mobile untuk terus berkembang.
Artikel Terkait