Inilah Lima Dampak Berbahaya Memakai Sepatu Sempit

image : Wisegeek.com
Sudahkah anda memiliki ukuran sepatu yang cocok…?, Apa masih kurang pas…?, Mengalami masalah ketika memakai sepatu terlalu sempit, memang sesuatu hal yang biasa terjadi dan semua orang mungkin pernah mengalaminnya. Beraneka ragam jenis sepatu yang telah dijual di pasaran, Terkadang bisa membuat anda terpesona untuk membeli tanpa pikir panjang. Dengan beragam warna dan model yang menarik sampai-sampai  anda langsung membeli walaupun sebenarnya tahu bahwa ukuran sepatu tersebut terlalu sempit buat anda. Hal demikian berarti anda membeli sepatu berdasarkan suka, dan bukan melalui dari berbagai pertimbangan. 

Sebenarnya, ketika anda membeli dan memakai sepatu dengan ukuran yang sempit, bisa mengakibatkan dampak buruk bagi diri anda sendiri. Sehingga bisa menjadikan  anda mengalami perubahan, terutama terjadi pada kaki. Oleh sebab itu, dengan adanya hal tersebut, setidaknya anda bisa lebih hati-hati akan dampak yang berbahaya bila memakai sepatu sempit. Dan ini adalah lima dampak berbahaya apabila memakai sepatu sempit. Berikut keterangannya :

1. Bunion
Memakai sepatu sempit bisa juga menimbulkan Bunion. Perlu anda ketahui bahwa bunion adalah benjolan atau penonjolan  tulang pada pangkal jempol  kaki. Yang mana ibu jari kaki atau bagian jempol kaki lambat laun akan bergeser menuju jari kedua, karena posisi ruang sepatu yang anda pakai terlalu sempit. Sehingga hal demikian bisa menimbulkan pembekakan yang disertai dengan rasa nyeri ketika anda mengenakan sepatu. Hal seperti ini perlu dihindari, sehingga bunion tidak akan terjadi pada kaki anda.


2. Hammer Toe
Hammer Toe bisa juga dikatakan dengan istilah jari palu, yang mana ketika anda memakai sepatu terlalu sempit, hal itu menimbulkan jari kaki terjepit dan tidak bisa lurus. Akibatnya persendian jari kaki anda menekuk dikarenakan memakai sepatu yang ketat, dan menimbulkan jari mudah tergesek pada permukaan dalam sepatu. Sehingga hal demikian bisa menimbulkan nyeri dan juga tumbuhnya kapalan pada kaki. Dan bahkan hal itu bisa menjadikan otot-otot pada jari kaki melemah.


3. Jari bersilang
Jari bersilang kerap terjadi akibat selalu sering memakai sepatu yang terlalu sempit. Kenapa bisa begitu….?, Karena pada saat menggunakan sepatu sempit, menyebabkan jari kaki kedua dan ketiga bergeser ke atas ibu jari. Sehingga lama kelamaan jari-jari kaki anda bersilang dikarenakan terlalu sering memakai sepatu sempit.


4. Kelainan pertumbuhan pada kuku
Seringnya anda memakai sepatu sempit bisa berdampak pada kuku yang menghiasi jari-jari kaki anda. Karena pertumbuhan kuku bisa  cenderung masuk ke dalam akibat tekanan terus-menerus, dan hal demikian anda bisa mengalami cantengan.


5. Penebalan kulit atau kapalan
Pernahkan anda mendengar istilah kapalan…..?, Kapalan merupakan penebalan kulit yang disebabkan karena terlalu banyak penekanan pada kaki. Sepatu yang sempit pastinya akan mengakibatkan tekanan pada kaki yang terus-menerus. Dan bila anda abaikan, kakii anda akan mengalami penebalan pada kulit kaki alias kapalan. Oleh karena itu, bila anda tidak ingin kapalan, hendaklah menggunakan sepatu dengan ukuran yang pas.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar