6 Dampak Berbahaya Gunakan Kipas Angin Saat Tidur

image : dailyfinance.com
Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi suhu panas di ruangan Anda?, Tidak semua kita menggunakan AC untuk mendinginkan suhu ruangan, jadi kipas angin adalah sebagai alternatif untuk mendinginkan suhu ruangan tersebut. Pada umumnya seseorang menyalakan kipas angin setiap saat bahkan ketika tidur, tanpa menyadari bahwa pada saat tudur, udara yang dihembuskan kipas angin sangatlah berdampak buruk dan membahayakan bagi kesehatan tubuh, sehingga tubuh akan mengalami berbagai macam gangguan kesehatan. Berikut adalah enam dampak berbahaya bila kita sering menggunakan kipas angin saat tidur :

1. Kurangnya hirupan oksigen
Biasanya orang akan menghadapkan kipas angin ke muka, padahal menghadapkan kipas angin langsung ke arah muka akan menyebabkan Anda sesak napas. Mengapa?, Karena angin dari kipas akan mengurangi asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh, Sehingga mengakibatkan Anda kekurangan oksigen dan kesulitan bernapas.

2. Sesak napas
Kipas angin yang dihadapkan langsung ke muka akan membuat oksigen susah masuk ke hidung karena hembusan angin yang kencang. Kalau ada pengaturan waktu 15-30 menit ketika Anda sudah mulai bersiap untuk tidur, Hal ini bertujuan agar kipas angin akan mati sendiri ketika Anda sudah terlelap. Kipas angin juga jangan terlalu dekat ke wajah, beri jarak beberapa meter dari tubuh dan setel rotasinya sehingga angin yang mengarah ke tubuh tidak terlalu besar yang mengakibatkan sesak napas..

3. Bisa menyebabkan kematian
Menyalakan kipas angin semalaman dalam ruangan yang ventilasinya buruk ternyata bisa menyebabkan kematian. Karena angin dari kipas akan meningkatkan kejenuhan konsentrasi karbondioksida dan penurunan konsentrasi oksigen. Oleh karena itu berhati-hatilah karena keracunan karbondioksida bisa saja terjadi tanpa disadari, Apalagi jika Anda sedang tertidur dengan pulas tanpa memperhatikan sistem ventilasi.

4. Kekurangan air dan hipotermia
Hipotermia adalah kondisi dimana seseorang berada dalam suhu yang dingin dalam waktu yang lama. Maka dari itu kekurangan air dan hipotermia bisa terjadi pada Anda jika menyalakan kipas angin dalam jangka waktu yang lama, apalagi semalaman.

5. Penurunan suhu tubuh secara drastis
Suhu tubuh yang turun secara drastis bisa membahayakan kesehatan Anda. Selain penurunan suhu tubuh, tekanan darah dan sistem pernapasan akan terganggu. Akibatnya bisa fatal, yaitu mengganggu fungsi jantung dan paru-paru yang merupakan organ vital bagi tubuh Anda

6. Gampang sakit
Suhu panas akan menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat, ini adalah cara tubuh untuk beradaptasi dengan suhu yang panas. Keringat juga merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan racun dari dalam. Tapi jika keringat ditahan oleh kipas angin, apa yang akan terjadi?, Karena keringat yang keluar tidak sempurna, maka akan menjadi penyakit dan bisa mengakibatkan masuk angin.  
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar