6 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang

Menghangatkan kembali makanan yang tersisa atau makanan yang belum sempat untuk dimakan, mungkin termasuk kebiasaan yang kerap anda lakukan terutama sebagai ibu rumah tangga. Mengingat adanya tujuan dan manfaat yang bisa berguna dalam kehidupan anda, maka hal demikian memang masih bisa untuk anda terapkan. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa tidak semua jenis makanan boleh dipanaskan ulang atau dihangatkan kembali. Ada beberapa jenis makanan yang bisa berubah komposisinya setelah dipanaskan ulang, sehingga hal itu dapat menyebabkan kandungan gizi dari makanan tersebut hilang, dan bahkan bisa menjadi beracun bila terus dipanaskan ulang. Berikut ada 6 jenis makanan yang tidak baik jika dipanaskan ulang kerena mempunyai sebab dan alasan tertentu.

1. Jamur
Jenis makanan yang berbahan jamur sebaiknya anda makan dengan segera ketika sudah dimasak. Jika ingin menyimpanya sejenak, lebih baik anda memakannya dalam kondisi dingin apa adanya, dan jangan dipanaskan ulang. Karena jika anda panaskan ulang makanan tersebut, akan berubah komposisi proteinnya dan mengalami perubahan rasa. Sehingga hal itu bisa menyebabkan berbagai masalah pada pencernaan anda dan kehilangan manfaat gizi yang terkandung pada jamur.

2.Kentang
Kentang merupakan makanan yang kaya akan gizi dan juga mempunyai banyak khasiat untuk menyehatkan tubuh anda. Banyak manfaat yang terkandung di dalamnya dan sangat disayangkan sekali jika anda tidak memakan segera kentang yang sudah dimasak. Dalam mengkonsumsi kentang sangat tidak dianjurkan untuk dipanaskan ulang, karena hal itu bisa menyebabkan kandungan gizi pada kentang bisa hilang dan bahkan bisa menjadi beracun jika anda memanaskannya atau menghangatkannya berulang-ulang.

3.Ayam
Ayam yang sudah dimasak tidak jauh berbeda dengan jamur, yang akan hilang komposisi proteinya jika anda panaskan ulang tanpa mengetahui prosedurnya. Jika anda ingin memanaskan kembali ayam yang sudah dimasak, hendaknya dengan menggunakan api kecil dengan waktu yang singkat sekiranya sudah cukup hangat. Dan jangan memanaskanya dengan suhu yang tinggi sehingga semua protein yang terkandung pada ayam menjadi hilang.

4.Bayam
Sayur bayam memang terkenal dengan manfaatnya yang kaya akan vitamin, mineral dan serat yang tinggi dan sangat bagus sekali untuk kesehatan tubuh jikalau  anda tepat dalam mengkonsumsinya. Bayam yang sudah dimasak tidak boleh dipanaskan ulang, Karena pada bayam juga mengandung banyak nitrat ( NO3) dan jika anda panaskan berulang-ulang malah akan menjadi nitrit (NO2) yang berbalik arah menjadi racun dan berpotensi karsinogenik (zat pemicu kanker) bagi tubuh manusia. Makanlah bayam yang sudah dimasak  dengan segera dan hindari masakan bayam yang sudah tersimpan lama dan jangan menghangatkannya kemabali.

5.Seledri
Seledri juga tidak jauh berbeda dengan bayam mengandung nitrat (NO3) yang bisa berubah menjadi nitrit (NO2) yang berpotensi karsinogenik (zat pemicu kanker) jika terlalu dipanaskan berulang-ulang, sehingga dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Seledri biasanya sering digunakan untuk sup dan jika anda ingin memanaskan ulang sup tersebut, hendaklah anda membuang terlebih dahulu potongan-potongan seledri yang ada di dalamnya.

6.Telur
Terutama telur yang masih utuh dengan kuning telur di dalamnya, sangat rawan sekali dan berisiko tinggi jika dipanaskan ulang. Karena telur tersebut akan beracun jika dipanaskan dengan suhu tinggi secara berulang. Oleh karena itu hendaklah anda menghindari kebiasaan tersebut  agar dapat mengambil manfaat dari telur tersebut untuk kesehatan tubuh anda.
Artikel Terkait