Khasiat Jeruk Kingkit Untuk Obat Batuk Alami

image : wikimedia.org
Jeruk Kingkit, tanaman yang satu ini memang sering kali dianggap sebagai tanaman hias untuk memperindah ruangan atau pemandangan. Hal tersebut dikarenakan tanaman Jeruk Kingkit memiliki ukuran mini dan tidak bisa tumbuh tinggi. Selain itu Jeruk Kingkit juga memiliki bentuk buah yang cukup unik dan menarik, sehingga lebih cocok dijadikan sebagai tanaman  hias.

Namun dibalik bentuknya yang unik dan kegunaannya sebagai tanaman hias, nyatanya Jeruk Kingkit memiliki segudang manfaat tersembunyi yang mungkin jarang diketahui banyak orang.  Di dalam tanaman tersebut tersimpan sejuta senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh.

Jeruk Kingkit mengandung beragam zat berkhasiat tinggi seperti coumarin, umbelliferone, serta tripasol. Kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai obat alami penyakit gonore, diare serta batuk kronis. Manfaat dari Jeruk Kingkit ini sejatinya belum umum diketahui banyak orang, pasalnya mereka hanya beranggapan bahwa tanaman jeruk kingkit memiliki kegunaan sebagai tanaman hias saja.

Namun, dari segi kesehatan Jeruk Kingkit seringkali dimanfaatkan untuk mengatasi masalah penyakit batuk kronis. Nah untuk anda yang tengah menderita batuk, anda bisa membuat ramuan yang manjur dari Jeruk Kingkit untuk mengatasinya. Berikut tips untuk membuat ramuan tersebut :

1.Persiapkan 20 gram Jeruk Kingkit yang terlebih dahulu anda bersihkan menggunakan air  dan pastikan sudah terbebas dari kotoran.

2.Gunakan wadah seperti gelas untuk menampung jeruk yang telah selesai anda bersihkan.

3.Tuangkan segelas air mendidih dalam gelas yang berisikan Jeruk Kingkit tersebut, diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga Jeruk tersebut layu.

4.Tambahkan sedikit gula jika anda tidak begitu menyukai rasa masam, karena seperti yang telah kita ketahui bahwa Jeruk memiliki rasa masam yang sangat kuat, tak terkecuali Jeruk Kingkit. 

5.Pisahkan Jeruk Kingkit yang direndam dari air seduhan tadi, kemudian minum air tersebut hingga habis. Lakukan kegiatan ini secara rutin, agar batuk yang anda derita lekas sembuh.

Itulah khasiat Jeruk Kingkit sebagai obat batuk alami yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar