4 Manfaat Penting Biji Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka, siapa yang tidak tahu dengan buah menyegarkan satu ini. Buah yang termasuk kategori musiman tersebut merupakan salah satu buah yang favorit di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan semangka memiliki rasa yang manis, menyegarkan serta terdapat segudang manfaat di dalamnya. Selain pada bagian daging, manfaat dari semangka juga terdapat di bagian bijinya.

Biji semangka yang semula dianggap tidak penting ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi tubuh manusia. Di dalam biji semangka, terdapat banyak sekali kandungan zat-zat bermanfaat yang sangat  baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah 4 manfaat biji buah Semangka untuk kesehatan tubuh :


# Mengandung protein
Tak disangka meski kecil, nyatanya biji semangka mengandung banyak sekali zat bermanfaat seperti protein. Protein yang terkandung dalam biji semangka ini terdiri dari beberapa komponen serta varian asam amino. Adanya protein asam amino tersebut hingga saat ini diklaim mampu mengobati penyakit jantung koroner. 


# Mineral Magnesium
Zat yang satu ini merupakan zat yang paling mendominasi hampir seluruh bagian biji semangka, terutama mineral magnesium. Zat ini memiliki fungsi optimal bagi kesehatan tubuh, khususnya bagian jantung. Pasalnya magnesium yang terkandung dalam biji semangka mampu mengatur tekanan darah dan juga metabolisme karbohidrat dalam tubuh.
 

# Lemak
Dalam biji semangka, ditemukan pula zat lemak yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu asam lemak omega-6, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Fungsi lemak yang terdapat pada biji semangka ini adalah untuk mengurangi tekanan darah tinggi.
 

# Serat Dan Vitamin B
Dalam berbagai penelitian internasional, didapatkan hasil bahwa di dalam biji semangka terdapat banyak sekali zat bermanfaat, salah satunya adalah serat dan juga vitamin B. vitamin B yang umum ditemukan pada biji semangka adalah Niacin yang berperan dalam membantu kinerja sistem syaraf dan juga menjaga kesehatan pencernaan serta kesehatan kulit. 

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam biji Semangka yang mungkin jarang diketahui.

Baca Juga : 12 Manfaat  Buah Semangka Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan
Artikel Terkait