Ini Manfaat Penting Buah Kenitu Untuk Kesehatan Tubuh

image : botanics.com
Anda pernah mendengar nama buah Kenitu atau buah Mecucu.?, Ya, buah yang bentuknya menyerupai Apel tersebut merupakan buah yang sangat unik dan jarang sekali Anda temui terutama jika bukan pada musimnya. Buah ini mempunyai nama ilmiah Chrysophyllum cainito, Orang Jawa Timur sering menyebut buah ini dengan sawo hijau, namun bagi masyarakat Lampung, buah Kenitu ini memiliki nama sawo manila.

Pohon buah Kenitu umumnya dapat tumbuh tinggi menjulang hingga 30 meter dan pertumbuhannya juga sangat cepat. Selain itu buah Kenitu yang sudah masak juga dapat langsung dikonsumsi atau bahkan  bisa juga diolah menjadi es krim dan olahan lainnya yang tentu saja memiliki rasa yang lezat. Namun lebih dari itu, buah Kenitu juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya :


Nutrisi dasar yang rendah kalori
Buah Kenitu mengandung beragam zat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Sekitar 67 kalori dapat dihasilkan dari 236 gram buah tersebut, karena itu buah ini sangat cocok apabila dijadikan camilan pengganti untuk mereka yang tengah menjalankan program diet. Tak hanya rendah kalori, kandungan lemak dalam buah Kenitu sangat sedikit sekali , sehingga mengkonsumsi buah Kenitu dalam jumlah banyak tidak akan mengakibatkan kegemukan. 


Kaya akan serat alami
Selain rendah kalori dan sedikit lemak, buah Kenitu juga mengandung banyak sekali serat, yang tentunya dapat memenuhi asupan serat bagi tubuh yang rata-rata membutuhkan serat sebanyak 25-28 per hari. Dengan kandungan serat yang cukup, membuat kita yang mengkonsumsi buah tersebut akan lebih cepat merasa kenyang dan terhindar dari keroncongan. Dengan begitu, buah ini adalah salah satu buah yang disarankan untuk anda yang menjalani program diet dengan cara mengurangi nasi, namun tetap membutuhkan serat. 


Sumber kalsium serta mineral yang baik
Seperti buah-buahan yang lainnya, buah Kenitu juga memiliki khasiat yang luar biasa terutama sebagai sumber kalsium. Dalam buah kenitu terkandung kalsium yang bermanfaat sebagai penguat tulang maupun gigi, dan sangat membantu mengurangi risiko terserang sindrom-sindrom yang mengganggu dalam masa menstruasi, seperti nyeri dan juga kembung. 


Fungsi tradisional pada buah Kenitu
Di berbagai Negara, Kenitu telah dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan, mulai dari biji hingga daun pohon buah tersebut. Beberapa Negara tertentu telah memanfaatkan kenitu sebagai bahan dasar ramuan alami obat diare dan juga demam. Tak hanya itu, Kenitu juga dimanfaatkan sebagai obat untuk penyakit kronis semacam hipertensi dan kanker. 
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar