5 Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

Minum kopi sudah menjadi kebiasaan banyak orang terutama pada waktu pagi dan malam hari, bahkan minum kopi merupakan salah satu rutinitas favorit seseorang yang sulit untuk ditinggalkan. Jika umumnya seseorang meminum kopi ketika bersantai, pernahkan anda minum kopi ketika akan berolahraga?, Mungkin pertanyaan ini cukup aneh, namun ternyata mengkonsumsi kopi dalam kondisi tersebut memiliki banyak manfaat tersendiri. Nah, berikut ini adalah 5 manfaat minum kopi sebelum berolahraga  :

1.Meredakan nyeri
Umumnya orang akan merasakan nyeri pada bagian tubuh tertentu setelah berolahraga. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kehadiran kopi sangatlah tepat. Mengkonsumsi kopi sebelum berolahraga dapat memperkecil resiko nyeri setelah berolahraga, oleh sebab itu risiko cidera karena olahraga akan dapat diminimalisir. 

 
2.Menghilangkan lemak lebih banyak
Kafein yang terkandung dalam kopi, sejatinya juga memiliki fungsi untuk membakar lemak lebih banyak ketika kita berolahraga, dengan begitu kalori akan mudah terbakar.


3.Mampu menambah daya ingat
Tidak hanya mampu meningkatkan kesehatan fisik saja, namun kopi juga berfungsi dalam meningkatkan daya ingat seseorang. Ya, dengan mengkonsusmi kopi sebelum berolahraga akan membuat fikiran anda lebih jernih dan rileks. Dengan kondisi demikian, daya ingat dalam otak akan terus berkembang, sehingga memori akan mudah tersimpan dalam otak.


4.Meningkatkan kebugaran dan kesehatan
Mengkonsumsi kopi sebelum berolahraga, dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Namun perlu diingat, meski baik untuk kebugaran,  mengkonsumsi kopi juga harus dibatasi dengan takaran yang cukup.


5.Memperbaiki sirkulasi darah
Dalam berbagai studi dan penelitian, kopi ternyata mampu memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh apabila dikonsumsi sebelum berolahraga. Kandungan kefein dalam kopi sangat ampuh untuk memperlancar sirkulasi darah, sehingga ketika berolahraga tubuh akan semakin ringan serta mampu menguras zat sisa dengan lebih baik.

Itulah lima manfaat minum kopi apabila dikonsumsi sebelum berolahraga, semoga dapat memberikan referensi untuk anda. Sumber : Kompas
Artikel Terkait