Mengapa Kabel Earphone Panjang Sebelah ? Inilah Alasannya

Anda yang pecinta musik dan suka mendengarkan musik, mungkin jarang memperhatikan panjang kabel earphone yang berbeda antara kanan dan kiri. Beberapa earphone juga memberi tanda mana yang sebelah kanan dengan tulisan R dan sebelah kiri dengan L, bukannya sama saja?, Ternyata panjang kabel yang tidak sama dan tulisan L dan R punya maksud sendiri dan bukan sembarangan saja.

Indera pendengaran manusia yang berupa telinga ada dua yaitu kanan dan kiri. Untuk memberikan efek suara yang real atau nyata, maka earphone pun dibuat dengan tatanan yang pas untuk dipasang pada kedua telinga manusia . Untuk memudahkan membedakan mana kiri dan kanan, pada earphone diberi tanda berupa tulisan L untuk telinga kiri (left) dan R untuk telinga kanan (right). Hal ini dikarenakan pada saat rekaman, lagu ditempatkan pada beberapa track yang berlainan sehingga ada efek stereo saat rekaman diputar.

Anda mungkin pernah mendengarkan lagu yang ‘mengalir’ dari kiri ke kanan atau seakan suara berada di dalam kepala, itulah yang disebut dengan efek stereo. Bahkan pada beberapa lagu misalnya pada intro, musik hanya terdengar di satu sisi saja, sementara sisi lainnya tidak mengeluarkan suara. Efek stereo juga dikarenakan telinga merupakan organ yang kompleks meskipun terlihat simpel. Perlu anda ketahui, telinga terdiri dari susunan tulang-tulang kecil yang masing-masing fungsinya berbeda, sehingga membuat suara yang masuk ke dalam telinga bisa berbeda antara sebelah kanan dengan kiri.

Selain huruf L dan R, hal yang unik dari earphone lainnya adalah panjang kabel yang tidak sama antara kiri dan kanan. Biasanya kabel sebelah kanan lebih panjang dari kiri, kenapa? Hal ini bertujuan untuk kenyamanan penggunanya, karena kebanyakan orang menaruh handphone atau pemutar mp3 yang dicolokkan dengan earphone di kantong sebelah kiri. Ototmatis jarak yang harus ditempuh kabel sebelah kanan lebih panjang. Makanya kabel kanan dibuat lebih panjang. Selain itu berguna juga untuk membedakan mana kiri dan kanan di saat berada di tempat gelap. Tulisan L dan R tidak akan terlihat jika kondisi gelap, cara membedakannya cukup meraba bahwa  kabel kanan (R) lebih panjang dari pada kiri (L). 

Artikel Terkait