Ini Alasan Kursor Mouse Pada Komputer Dibuat Miring

image : Ist via kompas
Sudah berapa lama Anda bekerja dengan menggunakan laptop atau komputer?, Bahkan pelajaran komputer pun sekarang sudah masuk kurikulum anak sekolah, dan penggunaan komputer sudah tidak bisa lagi dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Pernahkah terpikir oleh Anda mengapa kursor mouse pada komputer dibuat miring?, Mengapa tidak lurus?, Atau menunjuk ke bawah?, Ternyata pada awal mula munculnya komputer, kursor mouse pada komputer dengan layar resolusi rendah itu dibuat tegak. Lalu kenapa diubah?

Mungkin karena sudah terbiasa melihat kursor miring, pertanyaan mengapa harus miring tidak pernah terlintas di benak Anda. Tapi fakta ini bisa jadi hal menarik yang bisa diketahui. Setting default kursor mouse pada sebuah komputer bentuknya adalah panah putih dengan kemiringan 45 derajat ke kiri. Untuk menjawab mengapa kursor dibuat miring, mari kita kembali ke masa awal mula mouse dibuat pada layar dengan resolusi rendah.

Menurut penjelasan di situs Stack Exchange, kursor mouse pertama kali dibuat oleh Douglas Englebart pada tahun 1968. Ketika itu kursor mouse  masih dengan bentuknya tegak lurus ke atas. Bentuk yang lurus kemudian mengalami perubahan bentuk ketika komputer Xerox PARC dibuat sekitar tahun 1970-an. Kursor mouse diubah bentuknya menjadi miring karena layar komputer pada jaman dulu resolusinya masih rendah, jadi kursor yang tegak lurus sulit untuk dicari di layar karena bentuknya mirip dengan objek lain yang ada di layar.
image : Ars Technika via Kompas
Tampilan layar yang masih monokrom, ditambah dengan resolusi yang rendah akan lebih mudah mencari kursor mouse pada layar kalau arahnya dibuat miring 45 derajat. Kursor yang ditemukan oleh  Englebart inilah yang lalu diadopsi oleh pembuat-pembuat perangkat lunak atau software komputer termasuk oleh Steve Jobs pencipta Apple, dan Bill Gates dengan Windows nya. Begitulah asal mula kursor sekarang berbentuk miring. Bahkan hal-hal paling kecil pun sudah dipikirkan bagaimana caranya agar generasi selanjutnya bisa menggunakan komputer dengan lebih praktis dan lebih nyaman. Mungkin hal-hal  kecil lainnya pada komputer juga memiliki sejarah tertentu yang jarang sekali diketahui orang banyak. sumber :kompas
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar