Inilah 4 Penyebab Cantengan Kecil, Tapi Menyakitkan

Tampilan jari-jari tangan dan kaki bisa terlihat menarik karena adanya kuku yang menghiasi jari-jari tersebut. Kuku memang kecil, tapi manfaatnya sangat besar. Selain menjadi hiasan jari-jari tangan dan kaki, kuku juga berfungsi untuk melindungi jari-jari dari benturan terutama ketika sedang berinteraksi dengan benda. Tidak sedikit orang yang meremehkan akan manfaat dari kuku dan menghiraukan tentang perawatan kuku dengan baik, sehingga banyak orang yang mengalami masalah pada kuku mereka, bahkan hal demikian bisa sampai terjadi infeksi pada jari-jari kuku mereka yang biasa disebut dengan istilah ‘’cantengan’’.

Cantengan jika dibiarkan akan memiliki dampak buruk bagi anda, terutama bila terjadi pada ibu jari. Hal itu bisa mengganggu anda dalam melakukan aktifitas sehari-hari, karena kuku yang cantengan akan mengalami pembekakan dan terasa menyakitkan jika disentuh. Akibatnya anda tidak bisa leluasa bergerak dalam melakukan segala aktifitas. 

Untuk mengantisipasi cantengan, maka hendaknya anda terlebih dahulu mengetahui tentang penyebab terjadinya cantengan, sehingga hal tersebut bisa anda hindari dan mencoba untuk terus merawat kuku dengan sebaik-baiknya. Inilah 4 penyebab yang kerap menjadikan jari-jari kuku anda mengalami infeksi atau cantengan.

1. Memiliki kelainan pada pertumbuhan kuku
Terjadi kelainan pada pertumbuhan kuku bisa menyebabkan munculnya cantengan, misalnya kuku yang cenderung tumbuh terlalu masuk ke dalam, sehingga pertumbuhan kuku akan mengganggu daging pada jari-jari dan bisa menyebabkan munculnya gangguan cantengan. Memang tidak selalu pertumbuhan kuku akan jadi cantengan, akan tetapi kelainan pada pertumbuhan kuku sangat mungkin untuk memicu terjadinya cantengan.

2. Jamur
Kondisi kaki yang sering lembab akan memudahkan tumbuhnya jamur yang dapat menimbulkan bau tak sedap. Jamur yang tumbuh terutama disela-sela jari kaki juga bisa masuk kedalam lipatan kuku. Sehingga hal demikian bisa memicu terjadinya cantengan. Oleh sebab itu hendaknya selalu menjaga lipatan jari-jari anda agar selalu kering, sehingga anda bisa terhindar dari pertumbuhan jamur pada sela jari-jari yang menyebabkan terjadinya cantengan.

3. Kecelakaan pada saat memotong kuku
Cara memotong kuku yang kurang diperhatikan, akan menyebabkan terjadinya kecelakaan saat memotong kuku. Hal tersebut bisa mengakibatkan daging yang ada di dekat kuku terluka karena tergunting atau terpotong. Sehingga luka tersebut akan memicu terjadinya infeksi  jika tidak segera diberikan perawatan yang tepat. Dan hendaknya anda bisa lebih berhati-hati saat memotong kuku, sehingga tidak sampai terjadi kecelakaan  yang bisa memicu anda terkena cantengan.

4. Kuku tidak pernah dirawat
Keadaan kuku yang tidak pernah dirawat terutama pada kuku kaki, bisa saja kotoran yang menempel pada kuku tersebut mengandung kuman yang bisa menimbulkan infeksi pada kulit sekitar kuku atau cantengan. Oleh karena itu, hendaknya anda bisa lebih menjaga kebersihan kuku dan selalu mencuci kaki dan tangan setiap kali setelah melakukan aktifitas sehari-hari, agar bisa terhindar dari kuman yang bisa memicu terjadinya cantengan.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar