Awas, 6 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Ginjal Anda

image : healthtap.com
Seberapa pentingkah fungsi ginjal dalam tubuh kita ?, Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi menyaring darah dan racun dalam tubuh kita. Setiap hari ginjal menyaring 200 liter darah dan menghasilkan 2 liter limbah dalam tubuh yang berbahaya bagi kesehatan kita. Tak hanya itu saja, ginjal juga menghasilkan hormon yang akan menyerap mineral penting, Sehingga kesehatan tubuh kita bisa selalu terjaga. 

Nah, Dengan demikian kita telah mengetahui seberapa pentingnya fungsi ginjal dalam tubuh kita. Maka dari itu kita harus selalu menjaga agar fungsi ginjal dalam tubuh kita bisa bekerja dengan baik. Jika ginjal tidak berfungsi dengan maksimal, Hal itu bisa sangat membahayakan tubuh kita, apalagi sampai merusak kinerja sistem organ yang satu ini. 

Apa sajakah kebiasaan yang bisa merusak kinerja dan fungsi ginjal ?, Berikut ulasannya :

1. Seringnya konsumsi minuman berenergi 
Siapa yang tidak tahu minuman berenergi ini ?, Yang mana banyak kita jumpai dan sering dikonsumsi oleh kebanyakan kalangan muda. Selain menyegarkan, juga memberi sensasi tersendiri bagi yang mengkonsumsinya. Apalagi pada saat cuaca panas, minuman ini adalah salah satunya yang menjadi pilihan untuk menghilangkan rasa dahaga. Tapi tahukah Anda jika ginjal di dalam tubuh kita harus bekerja keras untuk menyaring zat kimia yang terdapat pada minuman berenergi tersebut ?, jika kebiasaan itu dilakukan terus - menerus, maka lambat laun bisa merusak ginjal di dalam tubuh kita.
 
2. Merokok
Merokok bukan hal yang asing lagi ditelinga kita. Banyak yang tidak bisa meninggalkan kebiasaan buruk ini, mulai dari kalangan muda hingga orang tua terutama kaum pria. Tak heran jika rokok juga menjadi penyebab rusaknya ginjal, kenapa ?, Karena merokok dapat mempengaruhi kesehatan dalam pembuluh darah, sehingga dapat mengganggu sirkulasi peredaran darah di berbagai macam organ penting tubuh, terutama pada ginjal.
      
3. Banyak Konsumsi Minuman bersoda
Selain minuman berenergi, minuman yang bersoda juga  dapat merusak kesehatan ginjal. Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan bahwa, soda akan membuat urin mengandung protein yang menyebabkan kerusakan dan mempengaruhi kesehatan ginjal. Maka dari itu kita harus bisa memilih minuman apa yang baik untuk tubuh dan jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman yang bersoda.
 
4. Menunda buang air kecil
Seringnya Anda menunda membuang air kecil dan menahannya tanpa segera mengeluarkan zat yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh, Hal ini menyebabkan Stres di kandung kemih . Pada umumnya kebiasaan ini Anda alami ketika masih asik tertidur di malam hari. Stres semacam ini juga akan memberikan tekanan yang menyebabkan terganggunya kesehatan pada ginjal. Oleh karena itu, jangan membiarkan atau menunda keinginan Anda untuk segera membuang air kecil.
 
5. Kurangnya minum air putih 
Air adalah salah satu zat yang paling penting untuk tubuh kita dalam mengeluarkan racun didalam tubuh, terutama air putih. Karena air dapat mempelancar aliran darah dan membuat fungsi ginjal bisa bekerja secara maksimal. Itulah sebabnya ketika anda kekurangan cairan atau air putih dalam tubuh, maka racun yang menumpuk di dalam darah kita akan menyakiti dan merusak fungsi ginjal.
 
6. Jarang berolahraga 
Memang olahraga sangat penting bagi kesehatan. Tak heran jika olahraga sangat mendukung kesehatan tubuh seseorang dan membuat kinerja organ dalam tubuh berfungsi dengan baik. Tahukah anda, Kurangnya frekuensi berolahraga bisa mempengaruhi kesehatan pada ginjal. Karena pada saat anda jarang melakukan gerakan atau berolahraga, maka organ tubuh kita tidak bisa teregenerasi dengan baik, serta akan membuat berat badan anda meningkat. Pada akhirnya hal demikian bisa merusak kesehatan ginjal dan menumpuknya kolesterol dalam darah. Maka dari itu, luangkanlah waktu anda untuk berolahraga tetutama di pagi hari untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh kita.

Itulah beberapa kebiasan yang dapat merusak ginjal Anda. Jadi buat anda yang masih sering melakukan kebiasaan di atas, Segera rubah kebiasaan tersebut karena kesehatan itu sangat mahal harganya. Kalau tidak mulai dari sekarang, Kapan lagi ?.
Artikel Terkait