Inilah Waktu Yang Terbaik Untuk Minum Kopi Dan Teh

image : the-color-of-tea.com
Kegiatan menikmati kopi dan teh, memang tidak dapat dipisahkan dari kebanyakan orang di dunia, termasuk orang Indonesia. Kegiatan menikmati kedua minuman tersebut seolah menjadi rutinitas bagi kebanyakan orang, entah itu dinikmati sendiri atau bersama rekan dan keluarga. Namun seringkali orang tidak menyadari waktu yang baik untuk menikmati secangkir kopi atau teh, yang tentu saja kurang memberikan efek yang baik bagi kesehatan.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa teh atau kopi memiliki kandungan kafein tinggi, yang tentunya tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak dan juga di waktu yang tidak tepat.  Umumnya orang mengkonsumsi kopi atau teh di pagi hari, namun menurut sebuah penelitian kedua minuman tersebut lebih baik dilakukan pada waktu tertentu saja. 


Pukul 9.30 - 11.30 siang merupakan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi kopi dan teh. Hal ini disebabkan kandungan kafein pada minuman tersebut yang menyatu dalam tubuh akan lebih cepat bereaksi dengan hormon kortisol , sehingga mampu membantu tubuh dalam mengatur jam kerjanya, serta dapat pula meningkatkan kejelian bagi yang mengkonsumsinya di waktu tersebut.   

Hormon kortisol, umumnya akan meningkat tajam pada pukul 8 - 9 pagi secara alami pasca bangun tidur, sehingga asupan kafein sama sekali belum dibutuhkan. Jika anda tetap memaksakan diri untuk mengkonsumsi kafein disaat hormon kortisol meningkat , berhati-hatilah karena anda akan mengalami kecanduan dan ketagihan. Jika sudah demikian, maka tubuh akan terus bergantung dengan kopi dan teh untuk memulihkan kebugarannya.
Oleh karena kecanduan tersebut, maka tubuh akan membutuhkan asupan kopi yang berlebih setiap harinya. Sehingga maka kafein dalam tubuh akan menumpuk dan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, akibatnya kesehatan akan mulai terganggu. 

Steven Miller, merupakan ilmuan ahli asal Uniformed Services University of the Health Sciences di Bethesda - Maryland mengungkapkan, bahwa waktu yang tepat untuk mengkonsumsi kopi atau teh adalah diatas jam 9 pagi. Karena dalam momen tersebut, kafein akan menjaga kestabilan hormon kortisol yang telah diproduksi oleh tubuh sejak bangun tidur. 

Dalam dunia kesehatan, mengkonsumsi kopi atau teh, diibaratkan dengan mengkonsumsi obat-obatan, dilakukan hanya dalam kondisi saat dibutuhkan saja.  Oleh sebab itu penempatan dan pemilihan waktu untuk mengkonsumsi kafeein sangat diperhatikan. Selain jam 8 - 9 pagi hari, hormon kortisol akan mengalami peningkatan intensitas menjelang pukul 13.00, 17.30 hingga 18.30, sehingga waktu - waktu tersebut kurang baik untuk minum kopi dan teh. 


Minum kopi dan teh tepat pada waktu yang telah disebutkan di atas haruslah kita terapkan dalam kehidupan sehari - hari, agar kesehatan tubuh tetap selalu terjaga. Jadi kesimpulannya, Kopi dan teh hanya baik dikonsumsi apabila kondisi hormon kortisol sedang menurun, sehingga akan memberikan efek yang  baik bagi kesehatan tubuh.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar