Waspada, 3 Zat Berbahaya Ini Ada Di Kolam Renang Umum

Berenang merupakan aktifitas yang banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi berenang di kolam renang pribadi yang indah atau di tepian laut terbuka, Hal demikian bisa menjadi pengalaman yang cukup menggembirakan bagi anda. Rasa stress dalam pikiran bisa juga anda sembuhkan dengan kegiatan yang satu ini. Akan tetapi, bagaimana jika anda berenang di kolam renang umum ?, Apakah itu juga suatu hal yang bisa menyehatkan bagi kesehatan tubuh Anda ?.

Menurut hasil penelitian terbaru, Para ilmuan dalam Environmental Science And Technology Letters mengungkapkan bahwa, Di kolam renang umum telah ditemukan 3 zat tersembunyi yang bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh manusia. Hal demikian merupakan suatu himbauan bagi para pecinta renang, Terutama bagi seseorang yang berenang dikolam renang umum, agar bisa menentukan langkah yang tepat sebelum berenang di kolam renang tersebut. Sehingga para perenang bisa melakukan aktivitasnya dengan aman.

Kolam renang umum memang berbeda dengan kolam renang pribadi, karena pada kolam renang umum ada banyak orang yang memakai kolam renang tersebut, Sehingga mempunyai kemungkinan besar akan timbulnya zat berbahaya yang tersembunyi di dalamnya. Dan berikut  adalah 3 zat berbahaya di kolam renang umum yang berhasil ditemukan oleh para peneliti :

1. Deet
Deet merupakan bahan aktif yang ada dalam semprotan serangga. Zat tersebut ada di dalam kolom renang umum, oleh para peneliti dinyatakan berasal dari semprotan anti nyamuk atau serangga yang terbasuh dari kulit para perenang yang memakainya. 

2. Kafein
Dalam air kolam renang umum juga mengandung kafein. Para peneliti mengatakan bahwa kemungkinan besar tentang adanya kafein berasal dari keringat dan air seni dari orang yang berenang dalam kolam renang umum tersebut. Sehingga anda juga bisa lebih waspada akan adanya hal tersebut, karena tidak hanya anda saja yang berenang dalam kolam renang umum. 

3. Tcep
Tcep merupakan zat yang biasanya digunakan dalam bahan tahan api. Zat tersebut bisa membayakan bagi kesehatan hati, ginjal , otak dan buah pelir dalam tubuh anda. Tcep dalam kolam renang ini biasanya berasal dari sisa pemakaian produk kosmetik tertentu yang dipakai oleh seseorang.

Selain dari itu, para peneliti sebelumnya mengungkapkan bahwa di dalam kolam renag umum juga mengandung Lition dan Tabir surya. Hal demikian memang suatu peringatan bagi anda sebagai pecinta renang agar selalu membersihkan tubuh terlebih dahulu, sebelum berenang. Sehingga anda tidak sampai mencemari air kolam renang dengan produk yang mungkin anda pakai. Dan pastinya di dalam kolam renang umum sudah disediakan kamar mandi untuk buang air kecil. Jangan sampai anda buang air kecil saat berenang dalam kolam renang tersebut. Karena hal itu bisa mengakibatkan timbulnya zat-zat berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama bagi kesehatan untuk semua pecinta renang.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar