3 Fakta Unik Air Mata Yang Jarang Diketahui

Ketika seorang bayi pertamakali membuka mata, Maka mereka akan menangis saat pertamakali melihat keindahan dunia ini. Mungkin itu bentuk rasa terimakasih kepada Tuhan karena bisa melihat keindahan yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Berbeda dengan yang terjadi pada orang dewasa, Biasanya mereka menangis ketika mengalami berbagai macam masalah atau kejadian tertentu. Misalnya saat bersedih, marah, bahkan menangis saat bahagia, Sehingga hal demikian membuat seseorang mengeluarkan air mata. Perlu anda tahu, Bahwa seorang wanita menangis 30 sampai 64 kali dalam setahun, Sedangkan pria menangis 6 sampai 17 kali dalam setahun. 

Menangis adalah hal yang wajar bagi setiap insan untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan . Namuin, Air mata yang keluar mempunyai makna yang berbeda – beda, tapi tak banyak orang yang mengetahuinya. Apa sajakah itu ?, Berikut 3 Fakta unik tentang air mata yang mungkin jarang diketahui.

1. Air mata refleks
Semua orang pasti pernah mengalami hal yang satu ini, Karena air mata refleks ini seringkali terjadi ketika kita menjalankan aktifitas sehari – hari, Seperti pada saat kita asik menyapu lantai tiba - tiba saja mata kita kemasukan debu. Biasanya kita akan mengucek mata agar debu yang ada didalamnya bisa keluar, Setelah itu air mata akan terlihat. Nah, Itulah yang disebut reflek pada mata, Karena mata sangat peka jika ada sesuatu yang menghalangi penglihatan anda. Sehingga mata akan segera memproduksi hormon yang bisa segera memunculkan air mata. Hal tersebut bertujuan agar kesehatan mata bisa selalu terjaga dari virus, infeksi yang terbawa bersama debu.

2. Air mata emosi
Air mata ini akan keluar ketika seseorang mengalami masalah yang pada akhirnya menimbulkan perdebatan, kemarahan, bahkan pertengkaran. Air mata ini akan keluar tanpa kita sadari, Mungkin karena otak tidak sanggup lagi menahan rasa sakit, Mengakibatkan sistem endocrine melepaskan hormon yang membuat terbentuknya air mata. Banyak hal lain yang bisa memicu air mata ini keluar seperti stres, trauma, sedih, serta beban lainnya yang membuat sistem endocrine pada otak menjadi sangat peka. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, Akan membuat seseorang bisa mengalami stres berat yang berujung pada kegilaan.

3. Air mata yang basal
Perlu anda tahu bahwa air mata basal ini mengandung protein, Sehingga air mata basal bisa menjaga mata anda tetap lembab dan terjaga dari terjadinya infeksi. Bahkan air mata basal diproduksi setiap hari agar kornea mata tetap terlindungi dan mata bisa terjaga dari kekeringan.
 
Itulah fakta - fakta unik tentang air mata, Maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mata agar bisa berfungsi dengan baik.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar