Cara Bedakan Es Batu Dari Air Matang Dan Mentah

Cuaca panas bisa membuat tenggorokan anda terasa kering, Yang terkadang dengan minum air pun belum bisa memuaskan rasa dahaga tersebut. Oleh karena itu, Pastinya es batu yang menjadi pilihan untuk menyegarkan tenggorokan kering anda. Mungkin dengan membelinya di toko terdekat, Kemudian anda campurkan dengan sirup, Memang suatu hal yang bisa dijadikan sebuah solusi untuk menghilangkan rasa haus. Akan tetapi perlu anda tahu, Bahwa banyak es batu yang dijual di pasaran terbuat dari air mentah, Tanpa dimasak terlebih dahulu. Sehingga hal demikian jika dikonsumsi, Bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Waspada dalam mengkonsumsi es batu memang sangat perlu diperhatikan. Pasalnya di dalam es batu yang terbuat dari air mentah banyak mengandung bakteri Escherichia coli ( E Coli ), Yang bisa menyebabkan masalah serius pada pencernaan anda. Sehingga dengan adanya hal seperti ini, Hendaknya anda bisa lebih hati - hati dalam membeli es batu yang banyak dijual di pasaran.

Membedakan es batu dari air mentah dengan yang sudah dimasak memang sangat penting, Supaya anda bisa lebih aman dalam mengkonsumsi es batu tersebut. Pasalnya, Jika sering mengkonsumsi es batu yang terbuat dari air mentah juga bisa merusak ginjal dan melemahkan dinding usus, Jika dikonsumsi pada anak kecil. Sehingga hal berbahaya seperti ini, Hendaknya bisa diantisipasi, Agar semua orang terutama anak kecil bisa mengkonsumsi es batu dengan aman.

Menurut hasil penelitian dalam British Medical Journal, Menunjukkan bahwa mengkonsumsi air tercemar yang mengandung bakteri
Escherichia coli, bisa mengakibatkan seseorang memiliki peningkatan risiko terkena darah tinggi, masalah ginjal dan penyakit jantung di kemudian hari. Dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa jika es batu yang dibuat dari air mentah akan lebih memiliki dampak risiko berbahaya dibandingkan mengkonsumsi Es batu yang terbuat dari air matang. 

Oleh karena itu, Tentunya anda harus mengetahui tentang cirri - ciri es batu yang terbuat dari air mentah dan air matang sebelum membelinya. Nah, inilah cara untuk membedakan antara Es batu dari air mentah dan matang. Berikut penjelasannya :

1. Es batu dari air matang
Bila anda lihat secara kasat mata, Es batu yang terbuat dari air matang cenderung terlihat bening layaknya seperti kristal. Hal itu dikarenakan ketika air tersebut masih dalam proses perebusan terlebih dahulu, Maka gas yang terdapat pada air terlepas dan menjadikan air hanya mempunyai gas yang sedikit saja. Sehingga dalam proses pembuatan es dengan menggunakan air matang bisa terlihat bening seperti Kristal. 

2. Es batu dari air mentah
Perlu anda ketahui, Bahwa es batu yang terbuat dari air mentah memiliki warna putih seperti salju dan terdapat gelembung - gelembung pada es tersebut. Hal itu disebabkan es batu dari air mentah masih banyak gas atau oksigen di dalamnya karena tidak adanya proses perebusan air telebih dahulu. Sehingga membuat es batu menjadi berwarna putih salju. 


Untuk menghindari akan mengkonsumsi es batu dari air mentah, hendaknya anda bisa lebih teliti sebelum membelinya dengan mengetahui tanda-tanda es batu yang telah dijelaskan di atas. Hal demikian bertujuan agar anda dapat mengkonsumsi es batu dengan tepat dan tidak menimbulkan dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh.
Artikel Terkait