4 Langkah Terbaik Saat Gadget Anda Terkena Air

arbamedia.com - Memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, Bahwa setiap barang elektronik yang anda miliki bisa timbul kerusakan yang cukup signifikan bila terkena air. Hal ini sangat mengganggu, Terutama terjadi pada saat di tengah-tengah pentingnya gadget anda gunakan untuk membantu pekerjaan. Mungkin karena tidak adanya unsur kesengajaan, Gadget anda terjatuh atau tercebur ke air, Ataupun menaruhnya di tempat yang kurang tepat, Sehingga membuat gadged anda tidak aman. Dan akibatnya gadget tersebut rusak, Bahkan bisa mengalami mati total.

Tentunya anda sudah tahu bahwa air bisa menyebabkan terjadinya konsleting arus listrik pada gadget anda. Nah untuk mengatasinya, Sangatlah diperlukan prosedur atau langkah yang tepat, Agar gadget yang anda miliki bisa terselamatkan dari kerusakan yang parah, Meskipun dalam kondisi terkena air. Dan inilah 4 langkah terbaik untuk mengatasi gadget anda saat terkena air.

1. Segera Cabut Baterai
Dengan cara langsung mencopot baterai gadget yang anda miliki pada saat terkena air, Hal demikian merupakan pertolongan pertama yang tepat. Karena baterai yang merupakan sumber arus listrik dari gadget tersebut sudah anda putuskan. Dan akhirnya gadget yang anda miliki sudah tidak dialiri oleh arus listik, Sehingga tidak akan menimbulkan terjadinya konsleting yang berkepanjangan pada gadget anda. kemudian anda bisa mengamankan gadget yang anda miliki, ke tempat yang jauh dari air.

2. Keringkan bagian luar dan dalam
Untuk langkah kedua, Anda bisa mengeringkan gadget mulai dari bagian luar dan dalam, Yaitu membongkar gadget tersebut dan membersihkan air yang tersisa di dalamnya. Dan apabila anda terpaksa kesulitan untuk membongkarnya, Maka anda bisa langsung mengeringkan / menjemur bagian dalam dari gadget tersebut tanpa harus membongkar gadget terlebih dahulu.

3. Rendam gadget dengan serbuk silika atau beras
Ini merupakan metode alternatif lain, Bila anda tidak bisa membongkar bagian dalam dari gadget anda. Yakni dengan cara merendam gadget tersebut dengan serbuk silika. Serbuk jenis ini bisa anda temukan di beberapa peralatan rumah tangga. Apabila tidak ada serbuk silika, Maka anda bisa menggunakan beras untuk merendam gadget tersebut. Hal demikian bertujuan agar beras bisa menyerap air yang terdapat pada gadget. Sehingga gadget tersebut bisa kering dan tidak terjadi konsleting arus listrik di dalamnya. Beras memang bisa digunakan untuk menyerap air dari bagian dalam pada gadget, Meskipun hal demikian tidak seampuh dengan serbuk silika.

4. Gunakan alkohol untuk menggantikan air yang ada di dalam gadget
Perlu anda ketahui, Bahwa alkohol merupakan cairan yang memiliki sifat berlawanan dengan air, Sehingga bisa anda gunakan untuk menghilangkan air secara keseluruhan yang ada pada bagian dalam gadget tersebut. Hal demikian karena alkohol mudah sekali menguap dan juga tidak bisa menghantarkan arus listrik, Sehingga alkohol memang bahan yang cukup ampuh untuk menghilangkan air yang ada pada bagian dalam gadget. Hendaknya anda memilih jenis alkohol isopropyl dengan konsentrasi 95 persen, Kemudian anda siramkan alkohol tersebut secara perlahan pada bagian dalam gadget anda. Setelah itu tunggu selama beberapa menit hingga alkohol tersebut menguap secara keseluruhan.
Artikel Terkait