6 Tips Sederhana Cegah Penyakit Stroke Sejak Dini

Pecahnya pembuluh darah yang bisa membuat otak kekurangan oksigen dan nutrisi, merupakan akibat dari terganggunya darah ke otak. Hal demikian memang cukup tenar dialami oleh para penderita penyakit stroke, baik laki-laki maupun wanita, orang tua / anak muda. Dan setiap risiko yang dialami oleh penderita stroke tidak ada bedanya. Karena pada dasarnya laki-laki yang memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol, merokok, hal tersebut merupakan penyebeb meningkatnya risiko stroke. Tak hanya itu saja, Bahwa wanita yang memiliki beberapa keadaan seperti kehamilan, stress, dan depresi, juga bisa meningkatkan risiko terkena stroke yang cukup besar.

Oleh karena itu, Perlu ada pencegahan yang tepat untuk menanggulangi diri, agar terhindar dari penyakit stroke. Dengan melakukan kebiasaan positif yang cukup sederhana ini, Maka akan menjadikan seseorang untuk terjaga dari berbagai penyakit, terutama penyakit stroke yang terbilang cukup serius. Dan inilah 6 Tips sederhana untuk mencegah penyakit stroke. Berikut keterangannya :

1. Mengontrol amarah
Perlu anda ketahui, Bahwa mengontrol amarah memang salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyakit stroke. Dari sebuah penelitian yang ada di jurnal Hypertension menunjukan bahwa, Seseorang yang mudah marah dan agresif, cenderung memiliki risiko stroke yang tinggi. Oleh karena itu, Jika anda ingin mengurangi atau mencegah stroke agar tidak terjadi, hendaknya mulai belajar untuk mengelola emosional dalam diri anda. Sehingga anda bisa terjaga dari naiknya tekanan darah. Dengan cara menumbuhkan prilaku baik, ramah, saling menghargai, dan selalu berpikir positif, Mungkin hal demikian bisa untuk anda terapkan agar dapat menetralisir kemarahan yang ada dalam diri anda.

2. Berjalan 20 menit setiap hari
Menurut penelitian terbaru, Bahwa jika anda berjalan 20 menit perhari dalam kurun satu minggu, maka anda sudah bisa menurunkan risiko stroke hingga 30 persen. Oleh karena itu anda bisa meluangkan waktu 20 menit pada tiap harinya untuk berjalan kaki. Namun hal itu bisa anda pisah menjadi dua bagian, yaitu 10 menit diwaktu pagi dan 10 menit untuk waktu sorenya. cara tersebut merupakan hal yang simpel untuk anda lakukan. Sehingga anda bisa memebuhi target berjalan 20 menit per hari dalam satu minggu, bahkan bisa lebih.

3. Tidur 7 jam semalam
Ingat, terlalu lama tidur malam hingga 10  jam semalam akan bisa meningkatkan risiko stroke. Karena tidur malam hingga 10 jam memiliki risiko terkena stroke hingga 65 % dibandingkan tidur selama 7 jam semalam. Hal demikian bisa lebih parah jika anda memiliki kebiasaan tidur mendengkur. Kondisi seperti ini pada umumnya berkaitan dengan sindrom metabolisme. Oleh karena itu jangan terlalu lama tidur malam, dan cukuplah 7 jam dalam semalam itu sudah efektif untuk mencegah timbulnya gejala penyakit stroke.

4. Mengkonsumsi ubi jalar
Kandungan potasium yang terdapat pada ubi jalar memang berperan aktif untuk menurunkan risiko stroke. Hal itu dikarenakan bahwa potasium dapat menurunkan stroke hingga 20 persen. Dan lebih baiknya lagi, Jika anda juga mengkonsumsi makanan yang seimbang seperti sayuran, ikan, produk susu, telur, dan buah-buahan.

5. Menghindari depresi
Hendaknya anda segera mengenali gejala depresi dan menghindarinya. Sehingga anda bisa terhindar dari risiko stroke dan bisa mencegahnya. Karena jika seseorang mengalami depresi, akan memiliki risiko stroke hingga 29 persen lebih besar.

6. Mengkonsumsi Minyak zaitun
Selain bisa menurunkan risiko penyakit jantung, Minyak zaitun juga bisa melindungi anda agar tidak terkena stroke. Berdasarkan penelitian menunjukkan, bahwa pria dewasa yang sering mengkonsumsi minyak zaitun bisa mengurangi risiko stroke 40 persen lebih rendah. Oleh karena itu hal demikian bisa anda terapkan untuk mencegah risiko terkena penyakit stroke.

Itulah beberapa cara mencegah penyakit stroke, yang mungkin bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari hari agar kesehatan tubuh anda tetap selalu terjaga dengan baik. 
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar