Tips Mengatasi Gigi Ngilu Selama Berpuasa

foto : natturabio.com
arbamedia.com - Mengalami rasa ngilu pada gigi yang mungkin tanpa anda sadari, Semakin lama rasanya makin tajam, Memang hal ini bisa sangat mengganggu apalagi terjadi selama berpuasa. Tentunya anda bisa mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya, Agar ibadah puasa yang anda jalani tidak terganggu dengan hal tersebut. Dan sebelumnya perlu anda ketahui, Bahwa terjadinya gigi sensitif pada seseorang biasanya disebabkan oleh beberapa hal, Diantaranya karena menipisnya enamel, penurunan gigi, terbukanya dentin (sebuah lapisan di bawah enamel), dan masih banyak lagi penyebab lainnya. 

Akan tetapi, Apabila rasa ngilu pada gigi ( gigi sensitif ) terjadi pada saat anda berpuasa, Biasanya disebabkan oleh kondisi mulut kering, Sehingga menimbulkan produksi air liur menjadi sedikit. Yang mana disaat anda sedang berpuasa, Tentu anda menghindari  yang namanya makan dan minum. 

Hal tersebut seperti apa yang diungkapkan oleh Jehezkiel Martua, Expert Marketing GSK Oral Care, beliau menjelaskan bahwa terjadinya gigi sensitif lebih dialami oleh seseorang pada saat ia berpuasa. Hal demikian lantaran rongga mulut dalam keadaan lebih kering, Dikarenakan aktifitas seseorang tersebut dalam mengunyah lebih berkurang dari hari-hari biasanya. Dan akibatnya, Air liur yang dikeluarkan pun menjadi lebih sedikit. Sehingga terjadi kurang efektifnya enamel melindungi gigi yang sensitif. Itulah yang menjadikan rasa ngilu pada gigi anda terjadi, dan akhirnya bisa menggangu pada saat anda sedang menjalani ibadah puasa.

Selain itu, Jehezkiel Martua juga menjelaskan, Bahwa indikasi terjadinya gigi sensitif biasanya mengalami rasa ngilu yang cukup tajam ketika terkena rangsangan pada saat makan atau minum minuman panas, dingin, manis maupun asam. Sehingga hal tersebut bisa mengganggu momen ketika berbuka puasa.

Ada beberapa tips sederhana untuk mengatasi rasa ngilu pada gigi, Terutama di saat  berbuka puasa yang bisa anda terapkan. Sehingga rasa ngilu pada gigi yang anda alami bisa tertanggulangi dengan tepat. Berikut ulasannya :

1. mengatur cara makan dan minum
Hendaknya anda bisa mengurangi makanan dan minuman yang mengandung soda, cuka, dan lemon selama berpuasa. Dengan cara mengkonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung air di dalamnya pada saat berbuka, Memang sangat dianjurkan. Hal demikian karena mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung banyak air, Bisa meningkatkan produksi air liur saat anda berpuasa. Sehingga dapat mengurang risiko terkena rasa ngilu pada gigi anda.

2. Merawat gigi dengan tepat
Dengan cara menyikat gigi secara lembut yang dimulai dari gigi ke gusi, Kemudian kombinasikan hal tersebut dengan gerakan memutar, Adalah cara yang tepat untuk anda terapkan. Dan untuk memilih jenis sikat gigi, Hendaknya anda memilih sikat gigi yang memiliki bulu-bulu lembut dan halus. Dan bila dibutuhkan, Anda bisa membeli pasta gigi yang khusus buat gigi sensitif untuk mengurangi rasa ngilu. Sehingga anda bisa menjaga gigi agar tetap dalam kondisi bersih tanpa menjadikan enamel gigi terkikis. Setelah itu anda bisa menyempurnakannya dengan menggunakan mouthwash sebagai langkah terakhirnya. Penggunaan maouthwash sangat dianjurkan bagi anda yang memiliki gigi sensitif.

3. Periksakan gigi anda bila diperlukan
Memeriksakan gigi anda ke dokter gigi, Hal demikian ditujukan bagi anda untuk memastikan kondisi pada gigi yang anda miliki. Karena dari situ, Anda juga bisa menanyakan apakah pada gigi anda ada indikasi berlubang atau tidak, karang gigi, gigi bengkak yang bisa menyebabkan bau mulut dan lainnya. Dengan cara tersebut, Setidaknya semua permasalahan pada gigi anda bisa teratasi, Sehingga saat menjalani ibadah puasa bebas dari rasa ngilu yang mengganggu aktifitas anda.
Artikel Terkait