5 Bahan Alami Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa

Kurang seimbangnya asupan cairan dalam tubuh, Bisa menjadikan kondisi tubuh anda ‘ngedrop’ saat berpuasa. Sehingga kondisi yang seperti ini, Dapat memunculkan rasa letih, tidak nyaman, dan terkadang sakit kepala datang secara tiba-tiba. Ditambah dengan pekerjaan yang anda jalani, Kemungkinan besar bisa menjadikan anda kurang berkonsentrasi, haus, mual, bahkan sampai mengalami jatuh pingsan. Hal demikian bisa dikarenakan oleh pengaturan tubuh anda yang kurang tepat, Sehingga  mengakibatkan tubuh  mengalami dehidrasi saat menjalani ibadah puasa.

Pencegahan memang hal yang harus anda lakukan, Agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar saat menjalani segala aktifitas apapun. Untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh selama menjalankan ibadah puasa, Tentunya anda bisa mengkonsumsi jenis buah-buahan yang kaya akan kandunga air pada saat berbuka, Sebagai bahan alami yang mampu mencegah dehidrasi dalam tubuh anda. Inilah 5 bahan alami yang bisa mencegah dehidrasi pada saat anda berpuasa.

1. Nanas
Cukup segar rasa buah nanas ini, Bila anda jadikan sebagai makanan untuk berbuka puasa. Buah nanas mengandung cukup banyak air, Yang mana kandungan bromelain berguna untuk menghindari terjadinya penggumpalan darah dalam tubuh, Dan kandungan anti-inflasi yang berkhasiat untuk mengurangi peradangan. Sehingga buah nanas cukup pas bila anda jadikan selingan saat berbuka puasa. Bahkan, Asam amino yang terdapat pada nanas bisa meningkatkan kekebalan tubuh anda. Bila anda sering mengkonsumsi buah yang enak dan segar ini, Maka bisa membantu tubuh anda sehat dan bugar saat menjalankan ibadah puasa.

2. Blewah
Dengan mengkonsumsi blewah sebagai santapan saat berbuka, Memang sangat cocok untuk meningkatkan stamina saat berpuasa. Karena pada buah blewah ini juga mengandung banyak air yang bisa mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak energi. Sehingga hal demikian memang cukup baik bila anda konsumsi untuk menjadikan hari-hari puasa anda tetap bugar dan sehat. Perlu anda ketahui, Bahwa kandungan air pada buah blewah ini mencapai 89%. Selain itu buah blewah juga berkhasiat untuk membantu kestabilan gula darah anda. Ini artinya buah blewah juga baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

3. Mangga
Buah mangga, Memang kandungan kalori yang terdapat pada buah ini cukup tinggi. Pada buah mangga juga diperkaya dengan mineral dan vitamin, Yang semuanya itu bisa berguna untuk membantu tubuh mendapatkan cairan agar tidak terjadi dehidrasi. Sehingga mengkonsumsi mangga sebagai selingan saat anda berbuka puasa memang cukup pas untuk meningkatkan stamina anda saat berpuasa. Dan kandungan vitamin yang terdapat pada buah mangga cukup kompleks, Yakni vitamin A, B6 dan C.

4. Anggur
Dengan sering mengkonsumsi buah anggur saat berbuka puasa, Memang patut untuk anda jadikan sebagai bahan alami anti-dehidrasi. Hal demikian karena pada buah anggur mengandung banyak air yang berguna untuk meningkatkan cairan dalam tubuh. Selain itu, Buah anggur juga mengandung zat bernama resveratrol yang merupakan antioksidan dan cukup ramah untuk hati pada tubuh anda. Buah anggur memiliki banyak jenis yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan, Diantaranya anggur hitam, anggur merah, anggur hijau dan anggur ungu, Yang semuanya itu baik untuk anda konsumsi dalam meningkatkan cairan pada tubuh. Sehingga di saat anda menjalani ibadah puasa tidak merasa letih atau lemas.

5. Air kelapa
Siapa yang tidak kenal dengan khasiat air kelapa ?, Kandungan air yang terdapat pada air kelapa mencapai 95 % dan baik dijadikan minuman untuk mencegah dehidrasi. Pada air kelapa juga memiliki kandungan natrium yang relatif rendah. Selain itu, Kandungan elektrolit pada air kelapa muda berguna untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh anda dengan tepat. Oleh karena itu, Mengkonsumsi air kelapa saat berbuka puasa juga diperlukan agar stamina tubuh tetap terjaga.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar