Kenali Ciri – ciri Ikan Segar Yang Sehat Dikonsumsi

Kandungan gizi ikan yang kaya akan protein, Menjadikan popularitas ikan hampir setara dengan daging. Meskipun ikan memiliki bau amis, Namun ikan merupakan makanan yang mempunyai sumber gizi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga ikan juga salah satu makanan yang dijadikan pilihan oleh kebanyakan orang. Untuk mendapatkan rasa masakan yang enak dan sempurna, Tentunya anda akan memilih ikan yang segar. Karena ikan segar memiliki cita rasa yang lebih lezat dibandingkan ikan yang sudah dalam kondisi diawetkan, Dan kurang layak untuk dikonsumsi. Untuk memperoleh  ikan segar yang dijual di pasaran, Tentu anda harus mengetahui ciri-ciri dari ikan segar itu sendiri. Sehingga ikan yang sudah anda beli layak untuk dikonsumsi dan bisa mendapatkan manfaat dari kualitas ikan tersebut.

Mengetahui tanda – tanda ikan itu segar atau tidak, Memang anda harus teliti untuk melihat ikan yang telah dijual di pasaran dari segala sisi, Sehingga bisa anda konsumsi dengan layak dan sehat. Dan inilah cirri - ciri dari ikan segar yang sehat untuk dikonsumsi.

1. Aroma ikan cenderung lebih amis
Dalam membeli ikan di pasaran, Hendaknya anda jangan malu untuk mencium aroma ikan tersebut bila anda ingin mendapatkan ikan yang segar. Karena ikan yang segar akan memiliki aroma yang cenderung lebih amis. Berbeda dengan ikan yang tidak segar, Akan memiliki aroma amis yang sedikit dan juga terasa asam. Oleh karena itu, Teliti dalam mengetahui cirri - ciri ikan segar memang sangat perlu. Dan ikan segar itu sendiri sangatlah mencolok jika anda lihat dari segi fisik maupun teksturnya.

2. Kulit ikan segar terlihat mengkilap dan tidak pucat
Ketika anda membeli ikan di pasaran, Maka ada baiknya jika anda melihat dari segi kulit ikan tersebut agar bisa mendapat ikan yang segar. Dan perlu anda tahu bahwa ikan yang masih segar biasanya memiliki kulit yang mengkilap dan tidak terlihat pucat. Selain itu, Ikan yang segar juga memiliki daging yang elastis dan tidak mengalami perubahan ketika disentuh. Karena pada dasarnya Ikan memiliki sisik yang kasar dan bercorak sesuai dengan masing-masing jenis ikan itu sendiri.

3. Insang ikan segar cenderung berwana merah dan sedikit kenyal bila disentuh
Jika anda melihat insang dari ikan yang segar, Biasanya memiliki warna insang yang cenderung merah dan apabila disentuh terasa sedikit kenyal. Berbeda dengan ikan yang tidak segar, Bila disentuh tidak terasa kenyal. Dan sebelumnya perlu anda tahu bahwa, Insang merupakan alat pernapasan pada ikan yang terletak sedikit bersanding dengan kepala ikan tersebut. Dengan melihat tekstur insang ikan tersebut, Anda bisa mengatahui cirri - ciri dari kondisi ikan yang masih segar dan tidak.

4. Ikan segar memiliki mata yang terang dan tidak pucat
Selain insang ikan, Mata pada ikan juga bisa memberikan tanda bahwa kondisi ikan tersebut masih segar dan layak untuk dikonsumsi.  Mata ikan segar biasanya memiliki mata yang terang dan tidak pucat. Selain itu, Bila dilihat secara kasat mata bahwa mata ikan bisa terlihat jelas dan mengkilap. Berbeda dengan ikan yang sudah tidak segar, Memiliki mata yang cenderung buram dan terlihat pucat. Hal demikian perlu dihindari agar Anda bisa mengkonsumsi ikan segar yang sehat, Sehingga bisa mengambil manfaat dari ikan secara sempurna.
Artikel Terkait