Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Keistimewaan di Bulan Suci Ramadhan



Mengingat tentang keistimewaan bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, Sebagai umat muslim yang beriman, Tentunya anda tidak mau melewatkan kesempatan untuk mendapatkan kemuliaan di bulan yang penuh rahmat ini. Dimana pada bulan tersebut, Semua amal sholih yang anda kerjakan akan diganjar dengan pahala yang lebih oleh Allah SWT. Dengan berbagai cara yang anda amalkan, Mulai beriktikaf di Masjid, berbagi takjil untuk berbuka puasa, sholat tarawih serta tadarus al-quran, Ini menjadikan keindahan suasana bulan ramadhan semakin terasa di hati. 


Dan dari apa yang anda lakukan selama di bulan suci Ramadhan, Tentu anda memiliki kiat untuk menggapai keistimewaan yang terdapat di dalamnya. Sehingga anda tidak mau melewatkan keistimewaan tersebut dengan begitu saja. Lantas apa saja keistimewaan yang ada di bulan suci Ramadhan..?

Dari keterangan di atas, Bahwa di bulan suci ramadhan terdapat keistimewaan / keutamaan yang perlu anda ketahui, Berikut penjelasannya :

1. Bulan yang mendidik untuk mencapai ketaqwaan
Perlu diketahui bahwa di bulan suci Ramadhan, Bagi umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa. Dari puasa tersebut, Anda secara tidak langsung belajar untuk menahan lapar, dahaga, amarah dan semua hal yang bisa membatalkan puasa. Sehingga dari situ anda belajar untuk bersabar yang di dasari dengan ketaqwaan. Dan inilah yang menjadikan alasan mengapa puasa selama satu bulan penuh di bulan ramadhan bisa mendidik anda untuk mencapai ketaqwaan. Dan hal demikian juga di landaskan berdasarkan Q.S Al baqarah : 183.

2. Bulan yang berpeluang penuh menuju pintu syurga
Hal demikian sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Di dalam hadits tersebut menjelaskan bahwa ketika telah datang bulan suci Ramadhan, Maka dibukalah pintu - pintu syurga dan ditutup pintu neraka, Kemudian syetan dibelenggu. Hal demikian bisa dijelaskan bahwa peluang atau kesempatan umat islam untuk menuju jalan yang lurus sudah terbuka lebar. Ini artinya di bulan suci Ramadhan, Umat islam memiliki peluang penuh untuk menuju syurganya Allah SWT.

3. Bulan yang terdapat Lailatul Qadar di dalamnya
Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih mulia dari pada seribu bulan. Dan bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang terdapat waktu-waktu Lailatul Qadar tersebut. Dimana banyak ulama’ yang mengatakan, Bahwa di sepuluh malam yang terakhir memiliki salah satu waktu yang terdapat Lailatul Qadar di dalamnya.  Dan di malam tersebut merupakan waktu yang baik untuk memperbanyak do’a agar bisa menggapai keistimewaan Lailatul Qadar di bulan suci Ramadhan.

4. Bulan Ramadhan penuh dengan pengampunan dosa
Sesuai dengan hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Di dalam hadits tersebut menjelaskan bahwa, Barang siapa yang menjalankan ibadah puasa dengan iman dan ihtisab (niat yang baik), Niscaya akan diampuni dosa - dosa yang telah lampau. Ini berarti jika anda sungguh - sungguh melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan, Maka dosa - dosa yang telah berlalu akan diampuni oleh Allah SWT. 

5. Ramadhan bulan yang penuh dengan keberkahan
Bagi seluruh umat muslim memiliki kesempatan untuk kembali di jalan yang baik, Sehingga mendapatkan keberkahan yang bernilai sama dengan seribu bulan. Hal demikian sesuai dengan hadits nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad, An-nasa’i dan Baihaqi.

6. Bulan yang memiliki pahala berlipat ganda
Ibadah yang dikerjakan di bulan suci Ramadhan layaknya amal sholih dan beberapa kewajiban lainnya,  Allah SWT akan melipat gandakan balasan dari apa yang umat muslim kerjakan, Dan balasan yang berlipat ganda tersebut sampai 70 kali lipat. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Muttafaqun alaih ( Bukhari, Muslim).

7. Bulan diturunkannya Al-Quran
Dimana pada tanggal 17 Ramadhan merupakan peringatan Nuzulul Qur’an, Yakni telah diturunkannya kitab suci Al-Quran sebagai pedoman dan menjadi petunjuk bagi umat muslim untuk mencapai ridho Allah SWT. Dan hendaknya anda bisa memperbanyak do’a di hari turunnya Al-Quran, Agar bisa mendapat berkah keistimewaan yang lebih di bulan suci Ramadhan. 

Baca Juga : Terapkan Amalan yang Dianjurkan di Bulan Suci Ramadhan