Ternyata, 5 Jenis Makanan Ini Lebih Sehat Jika Dikonsumsi Mentah

Memang sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat bila setiap makanan yang disajikan, Perlu dimasak terlebih dahulu. Dalam proses memasak makanan pastinya anda akan menambahkan sedikit racikan bumbu agar makanan terasa lebih lezat. Sehingga hal demikian bisa menambah gairah nafsu makan pada masakan yang telah dihidangkan dan siap untuk disantap. Namun anda perlu tahu, Bahwa tidak semua jenis makanan harus anda masak terlebih dahulu. Ada beberapa jenis makanan yang tidak kalah segarnya bila anda konsumsi dalam kondisi mentah. Bahkan makanan tersebut akan lebih sehat dan memiliki nilai gizi yang sempurna, Tatkala anda menjadikannya sebagai makanan mentah. 

Beberapa jenis makanan ini terdiri dari sayuran, buah, dan kacang-kacangan, Yang mungkin tidak asing lagi di telinga anda. Sebab lain yang menjadikan makanan ini bisa dikonsumsi secara mentah, Karena lebih mudah untuk dikunyah dan tentunya aman untuk anda konsumsi. Inilah 5 jenis makanan yang lebih sehat bila dikonsumsi mentah.

1. Brokoli
Dari hasil penelitian yang telah dijelaskan pada Food Chemistry dan Journal of Agricultural, Bahwa kebanyakan orang yang cenderung mengkonsumsi brokoli secara mentah, Mereka bisa menyerap dengan lebih cepat kandungan sulforaphane dalam jumlah yang tinggi dari brokoli tersebut. Sehingga, Hal demikian lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang memasak terlebih dahulu brokoli, kemudian mengkonsumsinya.

Dan perlu anda tahu bahwa brokoli yang tergolong sayuran hijau ini, Memiliki kandungan vitamin C, kalium, protein dan kalsium, Yang semuanya itu memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dan kandungan sulforaphane merupakan jenis senyawa yang berkhasiat untuk melawan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, Sulforaphane juga bisa menurunkan tekanan darah, Membantu mencegah penuaan dini, Meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga brokoli memang lebih baik untuk anda konsumsi secara mentah, Agar nilai gizi yang terkandung di dalamnya bisa terserap secara maksimal.

2. Paprika merah
Dengan cara mengkonsumsi paprika merah secara mentah, Memang lebih baik dibandingkan anda memasak paprika merah terlebih dahulu. Hal ini karena apabila anda memasak paprika merah dengan suhu 375 derajat fahrenheit, Maka kandungan vitamin C yang ada di dalamnya akan memudar dan pecah. Sehingga hal demikian malah menjadikan nilai gizi yang terdapat pada  paprika merah bisa berkurang. Dan perlu anda ketahui, Bahwa paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, antioksidan, serta menjadi sumber vitamin B6, E dan Magnesium.

3. Bawang Bombay
Senyawa yang terkandung pada bawang Bombay, Yang disebut dengan Allicin ini memiliki khasiat untuk mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung dan bisa menjadi bahan alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, Senyawa tersebut memiliki manfaat untuk mengurangi rasa lapar, Sehingga baik untuk membantu program diet anda. Oleh karena itu, Hendaknya anda mengkonsumsi bawang Bombay dalam kondisi mentah, Agar bisa lebih mendapatkan khasiat yang luar biasa di dalamnya. Dan bawang Bombay juga cukup aman meskipun anda mengkonsumsinya tanpa dimasak terlebih dahulu. Dengan cara membersihkan bawang Bombay, Kemudian anda jadikan lalapan dalam makanan, Memang suatu cara yang tepat untuk anda terapkan.

4. Kacang-kacangan
Pernahkan anda mengkonsumsi jenis kacang, Seperti kacang panjang, almond, dan pecan secara mentah ?, Kacang-kacangan tersebut merupakan makanan yang memiliki sumber lemak sehat, Sehingga bisa membantu untuk menyeimbangkan dalam program diet anda. Selain itu, di dalamnya juga mengandung zat besi, Magnesium, dan lainnya. Sehingga lebih baik jika anda konsumsi secara mentah, Agar bisa mendapatkan nilai gizi secara maksimal. 

5. Buah bit
Kandungan bit yang terkenal dengan serat yang cukup tinggi, vitamin B, C dan kalium yang bermanfaat  bagi kesehatan tubuh, Bisa anda konsumsi secara mentah sehingga nilai gizi yang terdapat di dalamnya dapat anda raih secara sempurna. Perlu anda tahu, Bahwa Bit memiliki beberapa khasiat yakni meningkatkan kekebalan tubuh, stamina, melawan peradangan, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mencegah sel kanker. Oleh karena itu, Mengkonsumsi Bit dalam kondisi mentah memang lebih baik untuk kesehatan tubuh anda.  Baca Juga :
Awas, 5 Barang Ini Jangan Dipakai Bersama Orang Lain
Artikel Terkait