Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Khasiat Mengejutkan Dari Jamur Merang

Pembudidayaan jamur merang di tanah air saat ini memang sudah mulai berkembang. Sehingga membuat anda tidak terlalu sulit untuk menemukan jenis tumbuhan jamur yang satu ini. Jamur merang memiliki nama ilmiah Volvariella volvacea, Termasuk jamur pangan yang banyak dijumpai dan dibudidayakan di Asia timur dan Asia tenggara. Hal itu karena jamur merang sendiri biasanya tumbuh berkembang di iklim tropis dan subtropis. Sebenarnya, Masih banyak jenis jamur yang dikonsumsi oleh kebanyakan orang seperti jamur tiram, jamur shitake, jamur kuping dan lainnya. Dan umumnya orang-orang suka mengkonsumsi jamur merang, dikarenakan jamur ini merupakan makanan yang cukup lezat sebagai pengganti daging. Dengan harganya yang cukup terjangkau, membuat para vegetarian tertarik untuk mengkonsumsi tumbuhan jamur tersebut.

Dan perlu anda ketahui, Bahwa selain menjadi bahan pangan, ternyata jamur merang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Karena dibalik kelezatannya, jamur merang juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik sebagai obat berbagai jenis penyakit. Dari 100 gram jamur merang memiliki kandungan Protein 5.94 %, Karbohidrat 0,59 %, Lemak 0,17 %, Abu 1,14 %, Serat 1,56 %, Zat besi 1,9 mg, Fosfor 17 mg, Vitamin B-1 0,15 mg, Vitamin B-2 0,75 mg, Vitamin C 12,40 mg, Mineral tambahan yaitu asam folat, zat tembaga dan kalium. Dan inilah 5 khasiat yang luar biasa jamur merang bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker 

Salah satu khasiat jamur merang yaitu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, terutama pada penyakit kanker payudara dan kanker prostat. Karena kandungan beta-glukan dan asam linoleat terkonjugasi memiliki efek karsinogenik. Dan perlu anda ketahui bahwa kandungan hormon estrogen dalam tubuh yang terlalu tinggi akan bisa memicu risiko terkena kanker payudara. Oleh karena itu, Asam linoleat yang ada pada jamur merang bisa membantu menurunkan efek hormon estrogen tersebut. Dan beta-glukan pada jamur merang akan menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

2. Mencegah penyakit jantung
Akibat dari naiknya kolesterol dalam darah, bisa memicu akan terkena penyakit jantung. Oleh karena itu jamur merang ikut berperan aktif untuk melawan lemak jahat yang mengakibatkan naiknya kolesterol dalam darah. Dan ada baiknya jika anda sering mengkonsumsi jamur merang untuk kesehatan jantung anda. Sebelumnya juga perlu anda ketahui, bahwa pada jamur merang memiliki kandungan mineral yang tinggi. Salah satunya adalah kalium dan zat tembaga, Yang mana fungsi zat tembaga pada jamur merang adalah sebagai zat antibakteri dan ditunjang dengan kalium yang berguna untuk menjaga fungsi pembuluh darah dalam tubuh. Sehinggga dengan mengkonsumsi jamur merang, maka jantung bisa terjaga dan berfungsi dengan baik.

3. Mengatasi radikal bebas
Tahukan anda, Bahwa jamur merang juga bisa mengatasi radikal bebas di dalam tubuh. Karena pada jamur merang mengandung selenium, berfungsi sama dengan flavonoid yang dikenal untuk menjegah radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dalam tubuh tersebut layaknya seperti asap polusi, alkohol, makanan yang memiliki lemak jahat, dan radiasi elektromagnetik yang bisa menimbulkan penyakit serius dalam tubuh anda.

4. Baik untuk penderita diabetes
Jamur merang juga baik untuk dikonsumsi oleh penderitan penyakit diabetes. Karena jamur merang mengandung insulin alami yang baik untuk penderita diabetes. Sehingga jamur merang bermanfaat untuk fungsi pankreas, hati dan kelenjar endocrinal lainnya, dan dapat meningkatkan pembentukan insulin dengan jumlah yang tepat. Selain itu, jamur merang juga rendah lemak dan karbohidrat.

5. Memperkuat tulang
Jamur merang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu, Jamur merang juga memiliki kandungan Vitamin D yang tinggi. Sehingga hal demikian memang sangat baik untuk pertumbuhan dan memperkuat tulang dalam tubuh anda.