7 Manfaat Penting Kacang Merah Bagi kesehatan Anda

Kacang merah, Cukup populer namanya namun tak setenar kandungan gizi dan manfaatnya. Tidak sedikit orang yang suka mengkonsumsi jenis kacang ini, Bahkan kebiasaan orang Indonesia mengkonsumsi kacang merah dimasak dalam bentuk sup kacang merah, tahu tumis kacang merah dan berbagai bentuk olahan lainnya. Yang mana semua olahan tersebut bisa menjadikan si kacang merah makin terasa lezat dan enak untuk anda nikmati.

Tentunya perlu anda ketahui bahwa selain terasa lezat, Kacang merah juga diperkaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Karena berbagai kandungan di dalamnya yang sangat kompeks, Sehingga membuat kacang merah sangat diperlukan untuk berbagai kebutuhan yang ada dalam tubuh anda.

Di dalam kacang merah mengandung beberapa protein penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti asam folat, kalsium, dan lainnya. Kacang yang memiliki nama ilmiah Vigna Angularis ini juga Banyak digunakan masyarakat untuk campuran bahan jajanan dan berbagai olahan kue . Inilah 7 manfaat kacang merah yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya :

1. Untuk kesehatan jantung
Dengan cara mengkonsumsi kacang merah, Membuat kondisi jantung anda akan terasa lebih sehat. Dimana kandungan kalium, folat, magnesium dan serat yang terdapat pada kacang merah bisa menyehatkan bagi jantung dalam tubuh anda. Dan serat pada kacang merah akan berperan sebagai penyeimbang kadar kolesterol dalam tubuh. Sedangkan kandungan kalium memiliki fungsi untuk meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah. Sehingga dari situ akan menjadikan tekanan darah dan ketegangan jantung anda bisa berkurang.

2. Menguatkan tulang
Penuaan tulang yang terjadi pada seseorang bisa disebabkan karena kekurangan konsumsi mineral layaknya magnesium, zat tembaga dan seng. Oleh karena itu kacang merah mengandung semua mineral tersebut dan menjadikan tulang anda tetap kuat. Sehinga hal demikian cukup baik bila anda sering mengkonsumsi kacang merah dengan rutin demi kesehatan tulang dalam tubuh anda.

3. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Tahukah anda, Bahwa mineral yang terdapat pada kacang merah bisa berperan sebagai detoksifikasi hati. Sehinggga kacang merah bisa mengeluarkan semua racun dalam tubuh anda. Mineral yang dimaksud yaitu dikenal dengan sebutan molybdenum, Yang cukup baik untuk anda konsumsi dalam membantu detoksifikasi secara alami.

4. Mencegah cacat lahir
Untuk mengurangi cacat lahir, Hal ini tidak semudah yang anda bayangakan. Namun, Dengan mengkonsumsi kacang merah, Terjadinya cacat lahir yang ada dalam janin dan cacat pada tabung saraf bisa dicegah dengan aman dan alami. Hal ini dikarenakan bahwa terjadinya cacat lahir tersebut bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin B dalam tubuh. Oleh karena itu, Kandungan vitamin B atau asam folat yang tinggi pada kacang merah, Bisa mencegah terjadinya cacat lahir.

5. Mencegah dan mengontrol diabetes
Dengan mengkonsumsi kacang merah, Juga berkhasiat untuk reseptor insulin dalam tubuh. Ini bertujuan untuk mengecek kadar gula anda tetap dalam kondisi normal atau tidak. Sehingga selain mencegah diabetes, Kacang merah juga berguna untuk mengontrol kondisi gula darah dalam tubuh anda.

6. Mengatasi masalah pada pencernaan
Pada kacang merah memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga serat tersebut bisa merangsang terhadap gerak peristaltic yang terdapat pada saluran pencernaan dalam tubuh. Maka dari itu, Serat bisa membantu tubuh menghilangkan berbgai masalah pada pencernaan anda, layaknya seperti diare, kembung dan lainnya.

7. Meningkatkan energi tubuh
Kandungan zat besi yang terdapat pada kacang merah inilah yang bisa meningkatkan energi pada tubuh anda. sehingga mengkonsumsi kacang merah secara rutin, Kebutuhan zat besi yang berguna dalam proses metabolisme tubuh akan terpenuhi. Dan kondisi tubuh akan selalu sehat dan kuat.
Baca Juga : 5 Khasiat Luar Biasa Dari ‘’Kolang Kaling’’

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar