Khasiat Luar Biasa Di Balik Segarnya Cincau Hitam

image: wikimedia.org
arbamedia.com - Cincau hitam berasal dari istilah dialek Hokkian sienchau ( xiancao ),  Yang biasa dilafalkan dikalangan orang Tionghoa. Di pulau jawa sendiri cincau hitam biasanya disebut dengan kata Janggelan, Yaitu sejenis agar - agar hitam, berasal dari tanaman cincau yang mempunyai batang kecil. Dan biasanya batangnya tumbuh menjalar ke tanah, Ada juga yang sebagian tumbuh dengan tegak, dan daunnya berbentuk lonjong serta berujung runcing. Bunga dari tanaman cincau ini berwarna merah muda atau putih keunguan. Daun dan batang dari tanaman ini akan menghasilkan getah yang berwarna hijau kehitaman. Nah, Getah inilah yang nantinya akan diolah menjadi Cincau.

Cincau banyak disukai karena teksturnya yang lembut serta rasa segar yang khas, Dari anak - anak hingga orang dewasa sangat suka mengkomsusinya, Apalagi untuk sajian berbuka dibulan Ramadhan. Memang rasanya tak lengkap jika tidak merasakan kesegaran dari minuman cincau ini setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Berbagai macam jenis cincau tentunya tersedia dipasaran, Ada yang warnanya hitam, hijau, dan lainnya. 

Bentuknya yang mirip jeli inilah yang membuat Cincau mudah diolah menjadi minuman yang menyegarkan, Yakni mencampurkannya dengan santan, susu, kolang - kaling, dawet dan lainnya. Selain itu, Cincau banyak mengandung serat, rendah kalori, serta kaya akan mineral, sehingga makanan ini juga sangat pas dikomsusi oleh orang yang menjalankan program diet sehat. Tak hanya itu saja, Makanan Cincau ini bahkan dipercaya menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti sakit batuk, demam, darah tinggi serta gangguan pada perut.
 
Cincau memang menyegarkan jika diolah menjadi minuman, Tapi tahukah anda di balik kesegaran Cincau mengandung senyawa dimetil kurin dimetoidida yang bermanfaat untuk mengendurkan otot. Senyawa lain seperti isokandrodendrin yang terkandung dalam Cincau, mampu membantu mencegah sel tumor ganas.

Cincau juga mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin, Yang bisa membantu mencegah penyebaran sel kanker pada ginjal, membantu menurunkan tekanan darah Tinggi serta anti radang.
 
Jurusan Teknologi Pangan ( JTP ) mengungkapkan bahwa, Cincau mengandung antioksidan yang mampu mematikan sel kanker. Bukan hanya getahnya saja yang mampu membunuh sel kanker, Bahkan Hasil penelitian membeberkan bahwa hasil dari pengujian yang dilakukan pada daun cincau ke tikus untuk dijadikan percobaan, Telah terbukti dapat membunuh sel tumor yang terdapat pada tikus tersebut.

Di sisi lain, Daun cincau juga diuji dengan memaparkan pada empat jenis sel kanker, Yaitu kanker paru - paru, kanker payudara, kanker mulut rahim dan kanker darah (yang sering disebut leukimia). Ekstrak dari daun cincau ternyata mampu  membunuh sel kanker darah sebesar 55 - 99 persen, Sedangkan untuk membantu membunuh sel kanker lain hanya sebesar 60 persennya saja.

Itulah sekelumit penjelasan tentang khasiat dari cincau yang mungkin jarang diketahui oleh manyarakat. Cincau atau ''Janggelan'' yang sangat akrab di mulut kita, Rupanya menyimpan banyak sekali manfaat, Mulai dari menghilangkan rasa dahaga hingga dapat menjadi obat serta mencegah terjadinya penyakit yang bisa membahayakan tubuh kita.
Artikel Terkait