Rahasia Di Balik Minum Kopi Dengan Cangkir Warna Biru

Rasa pahit kopi memang sudah tidak asing lagi bagi anda. Yang mana kandungan antioksidan serta nutrisi yang terkandung di dalamnya, Cukup membuat kopi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga tidak salah jika kopi semakin diminati oleh kebanyakan orang di zaman sekarang ini. Mungkin belum terlintas dalam pikiran anda, Bahwa cara menyajikan kopi dalam bentuk wadah yang berbeda, Terkadang juga bisa mempengaruhi cita rasa kopi mengalami sedikit perubahan. Semisal menuangkan kopi ke dalam plastik akan mengalami bau plastik yang sedikit melekat pada kopi tersebut. Dan tentunya masih banyak lagi cara penyajian lainnya.

Bahkan apabila anda terlalu sering minum kopi, Terkadang rasa pahit pada kopi tersebut bisa membuat anda tidak nikmat, Sehingga hal demikian membuat anda kurang nyaman dan terasa membosankan. Anehnya, Sebuah penelitian menyebutkan bahwa apabila kopi yang anda tuangkan ke dalam cangkir berwarna biru, Maka rasa pahit pada kopi akan mengalami sedikit perubahan. Sehingga kopi akan cenderung lebih manis dari pada dituangkan pada cangkir yang berwana putih. Benarkah itu..?, Berikut penjelasannya :

Penemuan yang dilakukan oleh para peneliti gabungan, Yang diadakan oleh The University of Oxford dan The University Australia, Mencoba untuk membandingkan cita rasa kopi dalam cangkir yang memiliki warna berbeda. Sehingga mereka sampai menemukan sebuah hasil dari cita rasa kopi itu sendiri mengalami sedikit perubahan. Mereka juga dibantu oleh para relawan dalam proses penelitian tersebut. Sehingga para relawan disuguhkan kopi dengan warna cangkir yang berbeda, Dan pada akhirnya bisa memberikan kesimpulan terhadap cita rasa kopi tersebut.

Dari hasil penelitian, Sebanyak 36 relawan mengatakan bahwa kopi yang mereka minum dari cangkir berwarna biru terasa lebih manis, Dibandingkan dengan cangkir warna lain yang disuguhkan. Sehingga Dr George Doorn  dari Federation University Australia menjelaskan bahwa, ” Kemungkinan seseorang menggunakan cangkir berwarna putih dalam menuangkan kopi, Akan cenderung terlihat lebih gelap. Sehingga mereka akan mengasosiasikannya dengan rasa pahit. Akan tetapi, Ketika seseorang tersebut mengganti cangkir kopi berwarna biru, Maka tingkat kepekaan kopi bisa tersamarkan. Sehingga seseorang akan berpikir bahwa rasa kopi tersebut tidak terlalu pahit”.

Dari penjelasan beliau ( Dr George Doorn ) bisa diambil kesimpulan bahwa, Ketika anda menuangkan kopi dalam cangkir yang memiliki warna biru, Hal demikian bisa mempengaruhi tingkat rasa kopi  berdasarkan penilaian anda pada penuangan kopi dalam cangkir tersebut. Sehingga rasa dari kopi itu sendiri bisa anda nilai cenderung lebih manis dari pada menuangkan kopi dalam cangkir warna putih.

Oleh karena itu, Agar kopi yang anda minum memiliki rasa berbeda dan cenderung terasa manis, Mungkin anda bisa mencobanya menggunakan cangkir berwarna biru sebagai wadahnya. Dan bagaimana menurut Anda..?
Artikel Terkait