Inilah Penyabab Kulit Menjadi Hitam Secara Tiba - tiba

image : ksullivanmd.com
Kulit putih merona adalah idaman bagi setiap wanita. Tak heran jika mereka berusaha untuk menjaga kesehatan kulit terutama pada wajah, Bahkan mereka tak peduli  seberapa banyak pundi - pundi uang yang harus dikeluarkan untuk melakukan perawatan, Agar kulit tampak lebih cerah. Dengan begitu, Mereka bisa tampil lebih percaya diri dan bebas berekspresi. Kulit putih bukan hanya menjadi idaman bagi kaum wanita saja, Akan tetapi beberapa kaum pria juga menginginkan kulit mereka putih dan bersih agar sedap dipandang mata. 

Lalu bagaimana jika kulit yang cerah tiba - tiba saja menjadi gelap ?, apa penyebabnya ?, Pasti pertanyaan tersebut akan timbul di pikiran kita. Kulit cerah berubah menjadi gelap secara tiba - tiba biasa disebut dengan proses pigmentasi, Yang biasanya saat kita terpapar dengan sinar matahari yang  terlalu lama, stres atau letih juga bisa membuat kulit menjadi gelap. Tapi penyebab paling umum disebabkan karena 3 faktor. Apa sajakah itu ?, Mari kita simak ulasannya, Seperti dilansir pada laman healthmeup.com :

1. Melasma
Melasma atau yang sering disebut dengan istilah chloasma, Adalah penyebab kulit cerah menjadi gelap di area yang tidak terduga, Terutama di area wajah. Melasma terjadi karena perubahan pada hormonal saat wanita sedang hamil, Bisa juga karena menggunakan alat - alat  kontrasepsi. Sinar matahari  langsung yang terpapar pada kulit juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya melasma.

2. Post Inflammatory Hyperpigmentation
Penyebab terjadinya Post Inflammatory Hyperpigmentation karena kulit wajah mengalami iritasi atau infeksi. Bisa juga proses ini terjadi karena seseorang mengalami jerawat pada wajah, menghilangkannya secara paksa dan akhirnya akan menimbulkan bekas. Nah, Bekas inilah yang bisa menyebabkan proses Post Inflammatory Hyperpigmentation pada wajah. 

3. Photo-Damage
Photo damage adalah kerusakan yang terjadi pada kulit wajah yang mengakibatkan perubahan warna kulit serta menimbulkan bintik - bintik menyerupai jerawat. Proses ini terjadi  karena terkena sinar matahari yang berlebihan. Sehingga menyebabkan warna kulit belang serta tidak bisa merata.

Sinar matahari bisa menjadi hambatan bagi seseorang yang melakukan perawatan kulit, Apalagi yang tinggal di daerah tropis. Oleh karena itu, Jika keluar rumah kita dianjurkan untuk memakai krim tabir surya atau sejenisnya, Karena sinar matahari sangat mempengaruhi warna pada kulit. Tapi sebelum memakai krim tabir surya, Hendaknya kita lebih teliti dalam memilih produk agar sesuai dengan jenis kulit kita. Bukan hanya itu saja, Kita juga harus mengkomsusi makanan sehat seperti sayuran, buah - buahan dan makanan sehat lainnya agar kondisi kulit kita selalu terjaga. 

Itulah beberapa penyebab kenapa kulit kita bisa menjadi gelap atau menghitam secara tiba - tiba. 
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar