Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Dampak Buruk Menahan Kentut Bagi Kesehatan Tubuh

image : 1000awesomethings.com
Gas kentut yang selayaknya sudah menjadi anugerah ini, memang sudah tidak mungkin terlepas dari setiap insan yang ada di dunia. Setiap orang yang mengeluarkan kentut pastinya dipicu dari beberapa sebab, diantaranya karena udara yang masuk ke dalam tubuh ketika seseorang mengunyah makanan, disaat seseorang tersebut minum, udara yang merembes dari darah ke usus, dan masih banyak lagi sebab lainnya yang menjadikan gas kentut itu ada pada tubuh setiap manusia. Hal demikian memang sudah menjadi suatu hal yang wajar, yang mana menurut para ahli sendiri mengatakan, bahwa kentut merupakan bagian alami yang ada pada sistem pencernaan tubuh manusia.

Namun kebanyakan orang juga masih sering menahan kentut mereka, disaat gas alami ini ingin keluar dari tubuh. Dan tahukah anda, bahwa sering menahan kentut itu akan bisa berbahaya...?, Ya, karena sering menahan kentuk akan menjadikan gas yang terdapat pada tubuh akan semakin menumpuk. Sehingga hal demikian pastinya akan menjadikan tubuh mengalami berbagai masalah, bahkan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Dan inilah 7 dampak buruk bila anda sering menahan kentut.

1. Menjadikan kram pada perut
Apabila terjadi kelebihan gas yang diakibatkan oleh seringnya anda menahan kentut, makan hal demikian akan menjadikan perut mengalami gangguan kram. Yang mana hal tersebut terjadi karena  gas yang terdapat pada salah satu bagian usus akan tertumpuk, dan bisa menjadikan kelebihan gas pada bagian usus tersebut.

2. Wasir
Akibat menahan kentut juga menjadikan anda terkena wasir. Yang mana terjadinya gerakan yang sangat berlebihan pada organ dubur disaat sedang menahan kentut tersebut. Sehingga gerakan yang terlalu berlebihan tersebut bisa membuat beberapa otot pada dubur tegang, yang menjadikan pembuluh darah bisa semakin melebar. Oleh karena itu, menahan kentut memang tidak baik bagi kesehatan tubuh anda.

3. Perut kembung
Penumpukan gas terlalu berlebihan yang terdapat pada sistem pencernaan, akan menjadikan perut kembung. Yang mana karena seringnya menahan kentut disaat gas alami tersebut hendak mau keluar dari tubuh anda. Sehingga hal demikian bisa menjadikan anda merasa tidak nyaman, karena saluran pencernaan anda mengalami gangguan seperti pada usus dan lambung.

4. Peritonitis
Ini merupakan penyakit peradangan peritoneum, yaitu gangguan pada jaringan pelapis dinding bagaian dalam perut, yang semuanya itu mencakup sebagai besar dari perut itu sendiri. Mengalami gangguan semacam ini, diakibatkan karena infeksi dari bakteri maupun jamur. Selain itu, hal demikian bisa juga diakibatkan oleh adanya luka atau tumpahan limbah yang berasal dari usus. Yang mana salah satu penyebabnya juga berasal dari seringnya menahan kentut. Dalam kondisi yang seperti ini akan membutuhkan pertolongan medis yang cukup serius.

5. Keracunan gas
Perlu anda ketahui, bahwa kentut itu sendiri sebenarnya bukanlah racun. Namun bila anda sering menahan kentut, maka hal demikian akan menyebabkan tekanan parsial yang terjadi pada rongga usus. Masalah tersebut disertai dengan adanya intensitas lebih tinggi dari pada pembuluh darah yang terdapat pada dinding usus anda, yang pada akhirnya akan bisa beredar ke seluruh tubuh. Dan hal ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh, yang mana menjadikan tubuh keracunan gas.

6. Memperparah kondisi sembelit
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, seringnya seseorang menahan kentut bisa mengakibatkan peningkatan tekanan dalam usus besar. Yang mana akan bisa  memicu terjadinya Divertikular ( kantung-kantung kecil pada lapisan usus besar ), yang semuanya itu akan memperparah gangguan sembelit. Oleh karena itu, menahan kentut ini sangat tidak baik dan mengganggu kesehatan pada tubuh anda.

7. Cepirit
Pada saat menahan kentut yang terlalu lama, akan menjadikan gas kentut menjadi akumulasi hidrogen sulfida dalam usus pada tubuh. Yang semuanya itu akan menjadikan sulfur menumpuk yang bisa menimbulkan cepirit atau keluarnya sedikit ampas tinja. Kejadian ini kerap dialami oleh kebanyakan orang yang mengalami gangguan pencernaan. Oleh karena itu, bila anda ingin mengeluarkan gas kentut, maka janganlah sering menahannya, dan keluarkanlah bila gas kentut tersebut ingin keluar dari tubuh anda.