5 Dampak Berbahaya Menjemur Pakaian Di Dalam Ruangan

Karena terbatasnya tempat yang terlalu sempit untuk menjemur pakaian, memang terkadang bisa membuat anda untuk lebih memilih menjemur pakaian di dalam ruangan. Apalagi bila dalam posisi yang mendesak layaknya hujan lebat, kondisi angin yang tidak tenang, sehingga bisa menjadikan pakaian yang anda jemur di tempat terbuka tersebut bisa terkena debu dan lainnya. Dari situ semua pastinya anda akan lebih memilih untuk menjemur seluruh pakaian yang anda cuci  di ruangan tertutup. 

Meskipun menjemur pakaian di ruang tertutup merupakan cara yang kurang efektif, tapi tetap saja masih menjadi pilihan bagi kebanyakan orang. Tahukah anda, bahwa bila menjemur pakaian dalam ruangan itu memiliki dampak buruk bagi kesehatan…?, Hal demikian memang suatu hal yang perlu dibahas secara detail, agar anda bisa lebih waspada agar tidak menjemur pakaian sembarangan, terutama di dalam ruangan. Dan inilah 5 dampak buruk bagi kesehatan tubuh bila menjemur pakaian di  dalam ruangan.

1. Beracun
Memang sangat berbahaya bila anda menjemur pakaian yang masih basah dalam ruangan, yakni tidak lain bisa menyebabkan udara yang anda hirup dalam ruangan tersebut mengandung racun. Hal demikian karena diakibatkan oleh pakain yang anda jemur dalam ruangan kemungkinan besar akan ditumbuhi jamur beracun. Yang mana ketika pakaian basah tersebut mengeluarkan uap, dan seketika itu juga anda menghirup udara yang ada dalam ruangan. Dan biasanya jenis jamur yang ditemukan dalam pakaian basah tersebut dikenal dengan nama Stachybotryschartarum. Oleh karena itu, hendaknya anda bisa menempatkan atau menjemur pakaian basah anda di luar ruangan agar bisa aman dan mudah dikeringkan. Dan jenis jamur berbahaya ini (Stachybotryschartarum) juga biasa ditemukan di ubin dinding, bingakai jendela dan lantai.

2. Kekebalan tubuh bisa melemah
Jika anda terus-menerus menghirup uap udara dari pakaian basah yang dijemur dalam ruangan, maka bisa menyebabkan tubuh mengalami infeksi, yang tak lain membuat sistem pada kekebalan tubuh menjadi melemah. Yang mana secara terus-menerus zat berbahaya yang dihasilkan oleh pakaian basah tersebut sudah anda hirup dan masuk dalam tubuh. Biasanya  hal demikian akan dipicu dengan tubuh terasa kelelahan, batuk, iritasi pada tenggorokan dan mata. Dan semuanya itu bisa membahayakan pada kesehatan tubuh anda.

3. Menyebabkan asma
Kadar kelembaban ruangan yang disebabkan oleh pakaian yang dijemur di dalamnya, hal ini akan memicu perkembangan spora, jamur, dan tungau debu yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Hal demikian bisa menjadikan anda terkena asma bila terus menerus menjemur pakaian di dalam ruangan. Dan hendaknya anda tidak menjemur pakaian dalam ruangan agar udara yang dihirup dalam ruangan tersebut bisa terjaga dengan baik dan sehat.

4. Alergi
Terutama pada anak-anak yang mengidap alergi, bila mereka terus menerus menghirup udara yang dihasilkan oleh pakaian yang dijemur dalam ruangan, maka sangat rentan sekali bisa mengalami berbagai permasalahan kesehatan. Selain itu, dampak dari menjemur pakain dalam ruangan ini bisa juga mengakibatkan seseorang terkena masalah kesehatan layaknya bronkitis, sinusitis, dan berbagai permasalahan pernapasan lainnya.

5. Kanker
Biasanya ketika kebanyakan orang hendak menjemur pakaian, mereka sering menggunakan pelembut kain seusai pakaian dicuci, kemudian barulah dijemur. Sehingga bila pakaian basah tersebut dijemur di ruangan tertutup / dalam ruangan, maka bisa menjadikan penyebab kanker. Hal demikian karena pakaian tersebut memiliki tingkat Acetaldehydes yang sangat tinggi. Sehingga uap yang dihasilkan dari pakaian basah yang ada dalam ruangan tersebut bila dihirup, maka sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh.
Artikel Terkait