Aneh, Hewan Ini Bereproduksi Dengan Menusuk Kepalanya Sendiri

foto: Lukas Schärer/FLICKR via sciencenews
arbamedia.com - Memang sekilas tidak bisa dibayangkan, Bahwa hewan yang satu ini ternyata memiliki cara aneh untuk bereproduksi dalam berkembang biak. Mungkin anda sudah  mengetahui tentang beberapa jenis hewan yang bisa bereproduksi sendiri. Yang mana beberapa hewan tersebut bisa berkembang biak dengan cara aseksual, Yakni mereka mampu membentuk protein jenis baru yang kemudian bisa membuat bertahan dari dehidrasi. Sehingga dari situ mereka bisa melakukan reproduksi sendiri, Dan membentuk telur tanpa melalui proses persetubuhan terlebih dahulu. Namun anehnya ada jenis cacing yang tidak terduga, Memiliki jalan pintas unik untuk bereproduksi dalam rangka berkembang biak. 

Menurut kabar yang telah dipublikasikan pada jurnal Proceeding of the Royal Society B, Bahwa Steven A Ramm, Yakni seorang pakar biologis yang berasal dari University of Basel, Beserta tiga orang rekannya menunjukkan, Ada perilaku aneh pada cacing M hystrix setelah peneliti mempelajari tentang distribusi sperma yang ada dalam tubuh hewan tersebut. Tentunya anda akan tercengang tentang bagaimana cacing pipih jenis  Macrostomum hystrix ini berkembang biak. 

Bagaimana tidak, Hanya dengan menyetubuhi kepalanya sendiri, Jenis cacing ini sudah bisa bereproduksi dan menghasilkan  sperma untuk membuahi sel telur yang ada dalam tubuhnya sendiri. Hal demikian sungguh mengejutkan, Bahwa dengan cara cacing M hystrix ini menusukkan organ yang serupa dengan penis ke bagian kepala, Kemudian menyetorkan sperma di kepala, Akhirnya sperma bermigrasi  ke daerah tengah tubuh yang menjadi pusat reproduksi cacing hystrix ini. Lalu barulah sperma membuahi sel telur yang ada di bagian tengah tubuh cacing tersebut. 

Hal demikian sesuai dengan apa yang telah diungkapkan oleh Ramm,  Ketika ia mengamati distribusi sperma yang ada pada cacing M hystrix ini. Ia mengungkapkan bahwa “ sperma terkumpul pada bagian depan tubuh termasuk kepala, Yang semuanya itu menunjukkan bahwa hewan itu sengaja menusukkan stylet-nya ke bagian kepalanya sendiri ”.  Hal demikian memang sungguh luar biasa, Bahwa hawan ini memang memiliki cara unik untuk berkembang biak meskipun tiada pejantan yang membuahi sel telurnya.

Sehingga hasil riset ini memberikan kesimpulam yang cukup unik, Yakni dikala masih ada yang diajak kawin, Cacing M Hystrix ini mencari pasangan untuk melakukan reproduksi. Akan tetapi bila cacing ini lagi sendirian, Maka aksi aneh pun akan dilakukan, Yakni dengan cara mengawini dirinya sendiri. Dan perlu anda ketahui, Bahwa jenis cacing ini memiliki dua jenis kelamin, Yakni kelamin jantan dan betina. Sehingga membuat jenis cacing M Hystrix bisa melakukan 2 macam perkawinan.

Oleh karena itu, Para ilmuwan memiki istilah khusus dalam persoalan “setor” sperma, Yang terkesan cukup menyakitkan dilakukan oleh cacing M Hystrix ini dengan istilah Inseminasi traumatis. 
Artikel Terkait