3 Tips Sederhana Agar Cairan Tubuh Tetap Terjaga Saat Puasa

arbamedia.com - Jagalah keseimbangan cairan tubuh anda agar badan selalu sehat, Apalagi saat menjalankan ibadah puasa pada musim panas. Hal inilah yang mengharuskan kita agar tidak terlalu melakukan aktifitas yang terlalu berlebihan supaya cairan tubuh kita bisa selalu terjaga. Ingat, Cuaca yang panas akan membuat tubuh seseorang mudah mengalami dehidrasi, Yaitu dimana tubuh kita kekurangan cairan, Yang bisa mengakibatkan badan menjadi lemas, mudah letih, mata berkunang – kunang, bahkan untuk berjalan saja rasanya berat sekali.

Tapi semua itu jangan sampai menghalangi kita sebagai umat muslim untuk menjalankan puasa di bulan yang penuh berkah ini. Kita seharusnya menyiasati kondisi tubuh agar selalu terjaga dalam memenuhi cairan tubuh saat menjalankan ibadah puasa. Hal demikian dilakukan agar ibadah puasa kita bisa berjalan dengan lancar, Tentunya bisa lebih khusyu’ dalam menjalankannya.

Sementara itu, Saptawati Bardosono dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, " Bahwa saat menjalankan ibadah puasa, Tubuh kita akan berusaha untuk menyesuaikan asupan cairan yang terdapat di dalam tubuh ". Untuk itu kita sebaiknya menjaga agar cairan dalam tubuh tetap stabil, meskipun saat menjalankan ibadah puasa.

Nah, Berikut ini adalah 3 tips sederhana agar kebutuhan cairan dalam tubuh saat berpuasa bisa tetap terjaga :

1. Dengan cara rutin mengkomsusi air putih 8 gelas sehari, Yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan yang terakhir 2 gelas di saat sahur. Dan perlu anda ingat, Mengkomsusi air 8 gelas dalam satu waktu sangat tidak dianjurkan, Karena ruang untuk menampung cairan pada lambung sangatlah terbatas. Dan jika kita minum air 8 gelas dalam satu waktu, Maka hal ini akan membuat kita sakit perut karena usus hanya bisa menyerap cairan secara bertahap.

2. Setelah berbuka puasa, Hindarilah minuman yang terlalu manis, Karena bisa membuat gula darah di dalam tubuh kita cepat naik, Yang akan mengakibatkan tubuh cepat haus dan lapar. Hal ini karena saat gula darah meningkat dengan cepat, Maka akan cepat turun juga. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengkonsumsi minuman yang tidak terlalu manis, agar kadar gula darah yang stabil bisa bertahan lebih lama.

3. Pada saat sahur, Mengkonsumsi minuman yang terlalu manis juga akan membuat perut anda mudah lapar ditengah-tengah puasa. Untuk mempertahankan rasa kenyang pada perut disaat berpuasa, Sebaiknya komsusilah minuman yang tidak terlalu manis serta memakan makanan yang banyak mengandung karbohidrat komplek.

Itulah 3 tips sederhana yang bisa anda terapkan, Agar di dalam menjalankan ibadah puasa cairan tubuh kita bisa selalu terjaga. Sehingga dengan kondisi tubuh yang tetap bugar, kita bisa memanfaatkan dengan maksimal kesempatan ibadah puasa ini dengan menambah beberapa amalan ibadah lainnya.
Artikel Terkait