5 Tips Agar Mata Tetap Sehat Saat Di Depan Komputer

Bagi anda pengguna Komputer yang mengalami permasalahan pada kesehatan mata, Tentunya ini bukan suatu hal yang langka lagi. Terlalu lama anda menatap ke layar komputer untuk melakukan segala aktifitas, Baik itu anda gunakan untuk bekerja maupun hanya sekedar bermain, Mungkin itulah penyebab umum yang menjadikan kesehatan mata anda terganggu.

Dan saking dekatnya posisi mata anda menatap layar pada komputer, Hal demikian juga menjadi salah satu penyebabnya. Sehingga menjadikan mata anda cepat kering dan bisa berdampak akan tingkat penglihatan mata anda yang semakin melemah. Bahkan hal ini bisa menjadikan syaraf pada mata  anda menjadi lebih tegang.

Oleh sebab itu, Sangatlah diperlukan untuk menjaga agar mata anda tetap sehat saat berlama-lama menatap layar komputer. Karena di satu sisi, Anda harus menggunakan komputer untuk segera menyelesaikan beberapa tugas, pekerjaan atau aktifitas lainnya. Dan di sisi lain anda harus menjaga kondisi mata agar tetap sehat. Maka dari itu, Terapkanlah beberapa tips ini untuk menjaga mata agar tetap sehat saat di depan layar komputer. Berikut ulasannya:

1. Pengaturan cahaya ruangan
Dengan cara mengondisikan cayaha di ruangan komputer anda untuk selalu terang, Memang hal tersebut merupakan langkah yang tepat, Agar kondisi mata anda tetap terjaga dengan baik pada saat menatap layar komputer. Dan pada saat siang hari, Biarkanlah cahaya matahari menerangi ruangan anda, Sehingga anda dapat menggunakan komputer dalam kondisi ruangan yang terang. Hal demikian karena apabila anda menggunakan komputer dalam kondisi ruangan yang gelap, Pantulan cahaya layar computer akan lebih memberatkan mata anda, Sehingga hal ini bisa mengganggu kinerja mata anda saat menatap layar komputer, Dan bisa menyebabkan kesehatan mata anda akan melemah.

2. Mengikuti aturan 20-20-20
Untuk menjaga kesehatan mata agar tidak mengalami masalah saat menatap layar komputer, Anda bisa menggunakan aturan 20-20-20 pada saat menggunakan komputer. Yang mana pada setiap 20 menit  menatap layar komputer, Anda bisa mengalihkan perhatian mata anda untuk menjauh kurang lebih 20 kaki ( 6 meter ) dari layar komputer tersebut. Hal demikian ditujukan agar anda bisa merenggangkan otot-otot pada mata setelah 20 menit fokus menatap layar komputer. Setelah anda selesai merenggangkan otot mata selama 20 menit, maka anda bisa memulai bekerja di depan computer lagi. Ini merupakan salah satu cara untuk me-refresh mata, Yang cukup efektif untuk anda terapkan agar kondisi mata anda selalu sehat.

3. Sering berkedip
Ini juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjadikan mata anda selalu dalam kondisi sehat. Dengan cara sering berkedip, Maka kelopak mata anda akan menyebarkan air mata alami pada permukaan mata. Sehingga menjadikan mata tetap dalam kondisi basah. Dan hal demikian bisa mencegah terjadinya iritasi dan rasa sakit pada mata ketika anda menatap layar komputer yang terlalu lama.

4. Perhatikan jarak komputer
Pada dasarnya anda bisa memberikan jarak mata sekurang-kurangnya 50 cm dari layar komputer anda. Dan hendaknya anda bisa mengatur cahaya dan kontras layar komputer dengan tepat, Sehingga hal demikian tidak membuat mata anda cepat lelah, Yang mengakibatkan kesehatan mata anda mengalami masalah. Selain itu, Tempat duduk yang nyaman dan empuk juga perlu ketika anda menggunakan komputer. Sehingga anda tidak mengalami sakit leher dan pinggang saat menatap ke layar komputer tersebut.

5. Kacamata
Apabila ini dibutuhkan, Menggunakan kacamata juga bisa menjaga mata agar tetap sehat pada saat menggunkan komputer. Karena dengan cara anda menggunkan kacamata, Maka akan bisa mengurangi ketegangan saraf pada mata ketika menatap layar komputer. Dan perlu anda ketahui, Bila anda memang sudah berkacamata, Pastikanlah lensa yang cocok untuk digunakan dalam menatap layar komputer dengan jangka waktu lama. Sehingga anda tidak perlu khawatir bila ingin menggunakan komputer terlalu lama. Dan kondisi kesehatan mata anda pun bisa selalu terjaga dengan baik.
Artikel Terkait