Inilah 4 Tips sederhana Agar Terhindar Dari Sakit Punggung

foto : tifaq.com
arbamedia.com - Sakit punggung memang sangat mengganggu aktifitas, Terutama saat menjalankan pekerjaan sehari - hari. Penyakit ini juga menyebabkan seseorang sering kehilangan jam kerja mereka, Biasanya sakit punggung sering menyerang di bagian bawah, Lebih tepatnya di atasnya pinggang. Penyakit ini dapat disebabkan karena kecelakaan atau faktor keturunan. Sakit punggung biasanya akan terasa pada saat kita duduk, berdiri bahkan saat tidur. Gangguan pada tulang punggung juga disebabkan oleh sikap badan yang tidak benar, otot - otot yang lemah dan kaku di daerah punggung, ini yang menjadi penyebab utama. Apalagi di zaman sekarang banyak sekali orang yang menghabiskan waktunya dengan duduk di depan layar seperti gadget, komputer, televisi, dan sejenisnya.

Menurut hasil penelitian PERDOSSI (Persatuan Dokter Saraf Seluruh Indonesia), Sekitar 40 persen orang yang berusia diatas 65 tahun menderita sakit punggung. Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Community Oriented Program for Control of Rheumatic Disease ( COPORD ) di Indonesia, Menyatakan bahwa " sakit punggung yang diderita kaum perempuan sebesar 13,6 persen sedangkan kaum pria sebesar 18,2 persen ".

Gaya hidup yang tidak sehat serta kurangnya memperhatikan aktifitas akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh seseorang. Nah, Maka dari itu sebelum anda mengalami sakit punggung yang akan mengganggu aktifitas sehari – hari, Akan lebih baik jika melakukan pencegahan dengan menerapkan 4 teknik di bawah ini dalam menjalankan aktifitas. Apa sajakah itu ?, Berikut penjelasannya :

1. Saat berjalan, duduk dan berdiri perhatikan posisi berikut ini

- Usahakan agar punggung anda tetap tegak saat berjalan, duduk, dan berdiri. Karena ini akan membuat tubuh anda merasa lebih nyaman.

- Jangan terlalu membungkuk ke depan, Karena akan mengakibatkan otot punggung menjadi lemah yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa sakit. Dan jika hal ini menjadi kebiasaan,  Lama - kelamaan akan menyebabkan sakit bagian punggung.

- Tetap jaga posisi bahu, dada, dan badan anda untuk selalu tetap tegak agar otot pada daerah tersebut tidak kaku.

- Usahakan kepala anda tetap tegak, Mata menatap lurus ke depan, Serta menjaga agar dagu tetap terangkat.

- Dengan cara menahan otot perut, lakukan dengan pelan-pelan agar punggung tetap lurus.

2. Ketika berdiri untuk waktu yang lama

- Jagalah salah satu kaki anda agar tetap terangkat setiap beberapa menit sekali, Dan lakukan dengan bergantian untuk menjaga tubuh anda tetap seimbang. Angkatlah kaki anda setinggi kursi kecil dan jangan terlalu tinggi agar tidak mempengaruhi keseimbangan tubuh.

3. Saat mengangkat beban (barang)

- Usahakan barang yang anda angkat tetap dekat dengan tubuh. Saat mulai membungkuk jangan terlalu menekuk perut supaya posisi punggung bisa tetap lurus. 

4. Ketika menyapu dan mengepel

- Usahakan sapu dan kain pel tetap berada dalam jangkaun, Dan letakkan alat sapu dan pel tersebut tepat dihadapan anda, dan mulailah melakukan aktifitas mengepel. Usahakan agar tubuh dalam posisi yang nyaman, atau punggung tidak membungkuk.

Itulah beberapa teknik dalam kebiasaan sehari-hari yang bisa anda terapkan untuk mencegah sakit punggung. Dan perlu anda ingat, Jangan pernah menyepelakan sakit punggung yang sementara, Karena lambat laun itu bisa menjadi masalah yang cukup serius.

Tetap lakukan pencegahan karena kita semua tahu jika mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Maka dari itu, Jagalah punggung anda agar tetap selalu tegap saat melakukan segala aktifitas, Sehingga tidak menimbulkan masalah atau dampak buruk pada tulang punggung anda.
Artikel Terkait