5 Tips Mudah Bedakan Madu Murni dan Campuran (Palsu)

arbamedia.com - Kegunaan madu bagi kesehatan tubuh memang sudah dikenal dan tidak diragukan lagi. Banyak sekali khasiat luar biasa yang terkandung di dalamnya, Baik itu untuk mengatasi penyakit yang ringan maupun membantu proses metabolise dalam tubuh. Bahkan sekarang ini, Banyak juga orang yang menggunakan madu sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan, dan masih banyak lagi manfaat madu lainnya. Mungkin berbagai nutrisi yang cukup kompleks terkandung di dalamnya, Menjadikan madu semakin banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Sehingga hal demikian tidak heran jikalau produksi madu lambat laun semakin meningkat pesat. 

Namun perlu anda ketahui, Bahwa semua manfaat yang terkandung dalam madu tersebut bisa anda dapatkan apabila madu yang dikonsumsi itu asli atau murni. Madu murni merupakan madu yang tanpa adanya campuran bahan lain di dalamnya. Dan mungkin anda pernah melihat tentang madu yang telah dijual di pasaran, Dengan harga yang relatif murah, Akan tetapi pernahkan anda berpikir bahwa madu tersebut asli atau campuran ?, Tentu hal demikian membuat anda merasa kebingungan untuk membedakannya dan mengetahui ciri-ciri kemurnian madu.

Nah, disini pastinya anda akan membutuhkan tips yang tepat, Agar tidak gampang terkecoh oleh madu palsu atau campuran, Yang sudah marak dijual di pasaran. Berikut adalah 5 cara yang tepat untuk membedakan madu asli dan palsu.

1. Dengan cara memasukkan madu ke dalam air
Cukup dengan memasukkan satu tetes madu ke dalam air, Anda bisa mengetahui bahwa madu yang telah anda beli tersebut asli atau ada campurannya alias palsu. Untuk mengetahuinya pun juga cukup mudah, Yakni apabila tetesan madu tersebut tidak tercampur dengan air dan terjatuh kedalam dasar air alias tida terapung, Maka madu tersebut asli atau murni. Dan apabila tetesan madu bisa tercampur dan terapung dalam air, Maka sudah bisa dikatakan bahwa madu tersebut palsu/campuran.

 2. Menggunakan korek api untuk menguji keaslian madu
Untuk mengujinya, Anda bisa menyediakan korek api pentul (gesek), Kemudian ujung korek api tersebut dilumuri dengan madu. Setelah itu, Gesekkanlah korek api tersebut untuk menyalakannya. Dan apabila korek api masih bisa menyala (dalam kondisi basah karena telah dilumuri madu), Maka hal demikian menandakan bahwa madu tersebut asli. Dan apabila sebaliknya, Yakni korek api tidak mau menyala setelah dilumuri madu, Maka madu tersebut palsu alias sudah ada campuran bahan lain di dalamnya.

3. Dengan memasukkan madu ke dalam lemari es
Anda bisa memasukkan terlebih dahulu madu yang telah anda beli ke dalam lemari es. Dengan cukup melihat responnya saja, Sudah bisa diketahui bahwa madu tersebut asli atau palsu. Apabila madu tersebut tidak membeku ketika ditaruh di lemari es, Maka bisa dikatakan madu tersebut merupakan madu asli atau murni. Namun apabila madu tersebut membeku layaknya es batu, Maka madu tersebut sudah ada campurannya / palsu.

4. Menguji madu dengan kertas
Dengan cara meneteskan atau menuangkan madu pada kertas, Memang bisa dijadikan cara untuk membedakan madu asli dan palsu. Apabila kertas yang telah anda lumuri madu itu mudah sekali robek, Maka bisa dipastikan bahwa madu tersebut adalah madu palsu / campuran. Dan apabila kertas tersebut tidak mudah robek, Maka madu yang telah anda beli tersebut benar-benar murni  atau madu asli. Oleh karena itu, Cara ini cukup praktis dan mudah untuk anda terapkan ketika membeli madu yang ada di pasaran saat ini.

5. Dengan cara merebus madu menggunakan sendok
Langkah pertama untuk menggunakan cara ini, Hendaknya anda bisa menyediakan satu buah sendok makan, Lalu tuangkan madu ke dalam sendok tersebut. Kemudian panaskan sendok yang sudah terisi madu tersebut  di atas lilin / api. Apabila madu yang telah dipanaskan di atas lilin tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan mau tumpah, Maka madu tersebut bisa dapastikan asli atau murni. Dan begitu juga sebaliknya, Bila madu tidak mengeluarkan busa atau hanya sedikit busa yang keluar, Maka madu tersebut termasuk palsu atau madu yang sudah ada campuran bahan lain di dalamnya.


Itulah beberapa tips untuk membedakan antara madu yang asli (murni) dan madu palsu (campuran). Sehingga dengan menerapkan beberapa cara di atas, Anda bisa mendapatkan produk madu yang benar-benar berkualitas dan terjamin keasliannya.
Artikel Terkait