5 Tips Jitu Bedakan Smartphone Asli Dan Replika

arbamedia.com - Memang perlu anda mengingat kembali, Bahwa semakin berkembangnya teknologi pada smartphone saat ini, Menjadikan pasaran smartphone itu sendiri semakin melaju pesat di berbagai kalangan masyarakat. Selain itu, Jumlah dari peminatnya pun juga tidak sedikit. Dengan harga yang terbilang cukup mahal, Terkadang banyak orang yang tidak mempedulikannya masalah harganya. Mungkin karena berbagai fitur yang ditawarkan pada smartphone cukup memuaskan dan menarik bagi setiap pelanggan, Sehingga tidak salah kalau lambat laun penggemar smartphone semakin meningkat jumlahnya.

Namun tanpa anda sadari, Bahwa tidak sedikit pula oknum yang mencoba untuk memalsukan berbagai jenis merek smartphone tersebut. Smartphone yang bukan merek aslinya atau tiruan, Sangat populer dengan sebutan smartphone replika atau supercopy.

Sekarang yang menjadi permasalahannya adalah, Banyak orang yang masih belum mengetahui tentang berbedaan smartphone asli dan tiruan yang dijual di pasaran. Sehingga terkadang hal demikian bisa menjadikan mereka tertipu dalam membeli smartphone. Oleh karena itu, Perlunya untuk mengetahui secara detail tentang ciri-ciri smartphone asli itu sangat penting. Dan inilah 5 cara mudah untuk membedakan smartphone asli dan supercopy.

1. Tes Screenshot menggunakan tombol power dan home
Denagn cara mengambil screenshot, Yaitu menekan tombol home dan power secara bersamaan, Maka hal demikian bisa anda jadikan tanda untuk mengetahui tentang kondisi smartphone yang anda beli itu asli atau palsu. Apabila anda bisa mengambil screenshot dengan menggunakan cara tersebut, Berarti menandakan bahwa smartphone yang anda beli itu original atau asli. Dan apabila screenshot tidak bisa diambil dengan cara tersebut, Maka bisa dipastikan smartphone tersebut palsu atau barang replika.

2.  Cek Nomor IMEI
Pada saat anda membeli smartphone baru, Tentunya di situ akan disertakan dus yang tertera nomor IMEI dari smartphone tersebut. Dan apabila anda sudah tahu nomor IMEI smparthone tersebut, Maka anda coba menyamakan IMEI smartphone yang anda beli cukup dengan menekan kode *#06# pada menu panggilan. Jikalau hasil IMEI yang ditampilkan dari kode tersebut sama persis dengan nomor IMEI yang tertera pada dus, Maka bisa dipastikan smartphone tersebut asli bukan replika. Dan sebaliknya, Apabila nomor IMEI tidak sesuai, Maka smartphone tersebut adalah palsu atau supercopy.

3.  Dengan mengecek materialnya
Untuk mengetahui smartphone itu asli atau replika, Maka anda bisa melihat dari segi materialnya dengan mudah. Yaitu pada tombol smartphone asli biasanya cenderung lebih empuk bila ditekan. Dan smartphone palsu atau replika biasanya lebih keras dan kurang flesibel. Tidak hanya itu saja, Bahkan bila dilihat dari segi bodi samping, Smartphone yang asli didesain lebih lembut, dan smartphone supercopy biasanya cenderung lebih kasar teksturnya. Sehingga anda dapat melihat dan merasakannya dengan mudah. Dan apabila semartphone asli dilihat dari segi warna fisik, memiliki warna yang cenderung lebih tajam.

4. Kamera
Dengan cara mengetahui smartphone dari hasil kameranya, Memang bisa dijadikan bukti bahwa smartphone tersebut itu asli atau palsu. Tentunya pada smartphone asli memiliki hasil yang lebih jelas ketimbang smartphone replika.  Layaknya Samsung galxy s4 yang memiliki kamera belakang 13 MP, Namun pada produk replikanyanya, Kamera hanya memiliki resolusi yang lebih rendah, Biasanya hanya 6 MP saja. Sehingga hasil jepretan kamera pada smartphone yang asli sangatlah berbeda, dan jauh lebih tajam dibandingkan dengan yang replika.

5. Mengecek dari segi softwarenya
Hal demikian memang cara yang cukup mudah untuk anda lakukan, Yakni dengan cukup menekan kode *#0*# pada menu panggilan. Apabila setelah anda menekan tombol tersebut muncul tampilan display seperti warna, kamera, speaker, dan lainnya, maka smartphone tersebut asli. Dan sebaliknya, Bila tidak menimbulkan reaksi apapun, Kemungkina besar smartphone tersebut adalah replika atau supercopy.
Artikel Terkait